10 August 2022

10 Ciri-ciri Kulit Sensitif Pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Dalam Artikel Ini: 

10 Ciri-ciri Kulit Sensitif pada Wajah 

Penyebab Kulit Sensitif pada Wajah 

Cara Mengatasi Kulit Sensitif pada Wajah 

ANESSA Mild Series: Perlindungan UV Khusus untuk Kulit Sensitif 

Glosarium 

Apakah kamu pernah memiliki reaksi kulit tertentu seperti kemerahan dan terasa gatal setelah menggunakan produk skincare tertentu? Atau, reaksi tersebut datang ketika cuaca sedang terlalu terik atau dingin? Bisa jadi, kamu memiliki kulit sensitif sehingga muncul reaksi-reaksi tersebut. Lalu, apa saja sih ciri-ciri kulit sensitif pada wajah? Ketahui selengkapnya pada artikel ini, ya! 

10 Ciri-ciri Kulit Sensitif pada Wajah 

Sama seperti tipe kulit normal, berminyak, atau kombinasi dan kering, kulit sensitif juga memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat kita lihat. Apa saja? 

1. Kulit yang Reaktif 

Salah satu ciri-ciri kulit sensitif pada wajah adalah memiliki kulit yang reaktif sebagai respons terhadap pemicu tertentu. Pemicu ini biasanya berasal dari sabun, deterjen, parfum, produk perawatan kulit, hingga produk rumah tangga. Selain berasal dari barang-barang keperluan dengan bahan tertentu, cuaca yang terlalu dingin atau panas juga bisa memicu reaktivitas pada kulit sensitif. 

2. Kulit Gatal 

Pernah merasa gatal yang berlebihan setelah wajah menggunakan produk skincare tertentu? Hal ini, bisa menjadi salah satu ciri-ciri kulit sensitif pada wajah. Biasanya, rasa gatal akan diikuti oleh kulit yang kemerahan dan terasa perih. 

3. Kulit Terasa Perih 

Ciri-ciri kulit sensitif pada wajah selanjutnya adalah kulit yang terasa perih dan terbakar. Reaksi ini, umumnya muncul setelah beraktivitas terlalu lama di bawah sinar matahari yang terik. Karena tahukah kamu, selain memberikan dampak buruk seperti mempercepat penuaan dini, sinar UV dari matahari juga mampu meningkatkan fotosensitivitas pada kulit. 

Baca juga: Wajib Tau, Ini 10 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari!

4. Kulit Kering 

Meskipun pada umumnya kulit sensitif memiliki masalah dengan jerawat, hal yang mendasari masalah ini bukanlah kondisi kulit yang berminyak, melainkan kulit kering. Ya, memiliki kulit yang kering bisa menjadi salah satu penyebab kulit sensitif, yang umumnya disebabkan oleh reaksi dari penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat. 

5. Ruam di Kulit 

Tidak hanya terasa gatal dan perih, muncul ruam merah yang bersisik atau bergelombang juga menjadi salah satu ciri-ciri kulit sensitif di wajah. Biasanya, hal ini disebabkan oleh produk perawatan kulit yang tidak dibersihkan secara menyeluruh seperti pelembap wajah atau sunscreen.

6. Mengalami Breakout 

Kulit sensitif rentan mengalami breakout yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Biasanya, hal ini akan berlangsung cukup lama sekitar satu sampai dua minggu hingga kulit benar-benar sembuh selama menerima perawatan kulit yang tepat. 

7. Kulit Terkelupas 

Kulit yang kering pada tipe kulit sensitif umumnya memiliki skin barrier yang lebih tipis dibandingkan tipe kulit lainnya. Hal ini membuat kulit mudah terkelupas, dan akan terasa perih ketika diaplikasikan produk perawatan kulit tertentu. 

8. Kulit Mudah Berjerawat 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit sensitif akan lebih mudah berjerawat, diakibatkan oleh kulit yang kering dan memiliki skin barrier yang cukup tipis. Untuk menghindarinya, pastikan kamu menggunakan produk perawatan kulit yang tetap sesuai dengan jenis kulitmu. 

9. Fotosensitivitas Tinggi 

Kulit sensitif lebih mudah terbakar oleh matahari, atau istilahnya memiliki fotosensitivitas yang tinggi. Saat hal ini terjadi, kulit akan menjadi kemerahan, terasa perih dan gatal, hingga muncul jerawat. 

10. Produk Skincare Sulit Menyerap 

Tahukah kamu? Kulit dengan kondisi kering atau terkelupas akibat sensitivitas yang tinggi juga berakibat pada skincare yang kamu gunakan menjadi tidak terserap dengan baik. Jadi, pastikan kamu merawat kulit sensitif kamu dengan perawatan yang tepat agar tetap lembap dan sehat. 

Penyebab Kulit Sensitif pada Wajah

Selain merupakan bawaan dari genetik dan sejak lahir, terdapat beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicu kulit menjadi sensitif, lho. Berikut daftar lengkapnya: 

  • Kulit yang terpapar sinar matahari dalam intensitas waktu yang cukup lama 

  • Penyakit kulit tertentu seperti eksim, rosacea, atau dermatitis kontak alergi 

  • Penggunaan produk perawatan kulit dan kosmetik yang kurang tepat 

  • Polusi seperti debu dan asap kendaraan 

  • Perubahan hormon akibat siklus menstruasi atau obat-obatan tertentu 

  • Stress 

Well, itu dia beberapa penyebab kulit sensitif pada wajah. Tenang saja, jika kulitmu mengalami dua hingga tiga dari beberapa gejala di atas, kamu bisa kok meredakan kulit sensitif dan menjaganya tetap sehat kembali. Bagaimana caranya? 

Cara Mengatasi Kulit Sensitif pada Wajah 

Dengan penanganan serta perawatan yang tepat, kulit sensitif bisa diatasi agar tetap lembap, sehat, dan tentunya bebas dari berbagai masalah kulit. Berikut tips lengkapnya: 

1. Gunakan Pelembap Wajah

Cara mengatasi kulit sensitif pada wajah yang rentan kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan moisturizer setiap hari pada siang dan malam hari. Namun, pastikan pelembap yang kamu gunakan memiliki formula hypoallergenic dan bebas dari zat aditif seperti parfum, pewarna, dan alkohol, ya! 

Baca juga: Sunscreen atau Moisturizer Dulu? Ketahui Skincare Steps yang Benar di Sini!

2. Double Cleansing

Sama seperti tipe kulit lainnya, kulit sensitif juga membutuhkan double cleansing untuk memastikan semua residu kotoran terangkat dari kulit. Kamu bisa memilih produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif, dan melakukan gerakan lembut saat membersihkan wajah. 

3. Hindari Eksfoliasi Saat Kulit sedang Sensitif

Mengangkat sel kulit mati memang penting untuk menjaga wajah tetap cerah dan bebas komedo. Namun, ada baiknya kamu tidak melakukan treatment ini ketika kulit sedang sensitif karena mayoritas produk skincare untuk mengangkat sel kulit mati mampu membuat kulit lebih sensitif. 

4. Gunakan Air Bersuhu Normal 

Hindari mandi menggunakan air yang memiliki suhu terlalu panas atau dingin, karena dapat memicu sensitivitas kulit menjadi lebih tinggi. Kamu juga cukup mandi selama 10-15 menit saja untuk menghindari kulit menjadi dehidrasi. Gunakan juga sabun dengan formulasi yang dikhususkan untuk kulit sensitif. 

5. Paling Penting: Gunakan Sunscreen! 

Tahukah, kamu? Salah satu pemicu utama meningkatnya sensitivitas kulit adalah sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Sinar UVA mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit dan merusak skin barrier menjadi lebih tipis sehingga kulit rentan mengalami berbagai masalah, serta sinar UVB yang mampu membuat kulit kemerahan dan terbakar sehingga akan memunculkan rasa gatal dan perih pada kulit. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari dan reapply setiap 2 jam sekali untuk menjaga kulitmu agar tidak mengalami sensitivitas yang meningkat. 

Baca juga: Ketahui Dampak Radiasi Sinar UV A Vs. UV B Bagi Kulitmu!

Pastikan juga kamu memilih sunscreen dengan perlindungan UV yang kuat, serta formula lembut yang bebas dari parfum, pewarna, pengawet, dan alkohol. Pilih juga sunscreen yang sudah teruji memiliki formula hypoallergenic pada kulit, ya! 

ANESSA Mild Series: Perlindungan UV Khusus untuk Kulit Sensitif

Mencari sunscreen yang dikhususkan untuk kulit sensitif kadang memang cukup sulit. Selain perlindungan UV yang kuat, kamu juga perlu memperhatikan formula di dalamnya apakah mengandung kandungan yang dapat memicu sensitivitas kulit atau tidak. Tenang saja, kamu bisa memilih ANESSA Mild Series untuk melindungi kulit sensitif kamu dari sinar UV! 

ANESSA Mild Series merupakan seri sunscreen dari ANESSA yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan bayi berusia 6 bulan ke atas. Tersedia dalam dua varian yaitu ANESSA Mild UV Milk (hasil akhir matte) dan ANESSA Mild UV Gel (hasil akhir dewy), ANESSA Mild Series memiliki beberapa kelebihan seperti: 

  • Hypoallergenic formula: diformulasikan tanpa zat tambahan yang dapat memicu sensitivitas kulit seperti parfum, alkohol, pewarna, pengawet, dan zat aditif lainnya. 
  • Dilengkapi dengan 50% Skincare Ingredients seperti Super Hyaluronic Acid untuk melembapkan kulit dan Peony Root Extract yang mengandung anti-inflamasi dan antibakteri sehingga dapat menjaga kulit tetap lembut. 
  • Formula tahan air, keringat, dan gesekan sehingga perlindungan UV tahan lama. 
  • Smooth Protect Technology pada varian Milk untuk memberikan perlindungan kuat, ultra gentle dan ultra comfortable. 
  • Dapat digunakan sebagai primer makeup. 
  • Lebih ramah lingkungan. 

Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi ya mencari perlindungan UV untuk kulit sensitif! Tenang saja, ANESSA Mild Series bisa kamu dapatkan secara online untuk pengiriman ke seluruh Indonesia, melalui ANESSA Official Store. 

Glosarium

Skin Barrier: lapisan terluar kulit yang berfungsi memproteksi kulit dan tubuh

Hypoallergenic: produk yang diformulasikan untuk sebisa mungkin tidak menimbulkan reaksi alergi