16 July 2021

Jenis Sunscreen yang Tepat untuk Tipe Kulit Sensitif

Memiliki kulit yang sensitif bisa jadi salah satu alasan orang untuk tidak menggunakan sunscreen. Hal ini disebabkan oleh ketakutan atas kandungan ingredients yang bisa memperparah kondisi kulit. Artikel ini akan membahas jalan keluar bagi pemilik kulit sensitif agar bisa tetap menggunakan proteksi kulit melawan radiasi sinar UV dengan jenis sunscreen yang tepat. Sehingga, efek samping yang umum dijumpai oleh pemilik kulit sensitif seperti kulit meradang, kemerahan, hingga tumbuh banyak jerawat tidak akan dirasakan lagi.

 

Karakteristik Kulit Sensitif

Seringkali, perawatan kulit sensitif disebut sebagai perawatan yang paling sulit dibandingkan dengan jenis kulit lainnya karena perlu memilih produk skincare termasuk sunscreen yang benar-benar aman di kulit. Sama seperti tipe kulit normal, berminyak, kering hingga kombinasi, kulit sensitif memiliki karakteristik atau ciri-ciri tersendiri. Ciri-ciri tersebut adalah: 

 

  • Kulit wajah sering berubah kemerahan akibat terpapar sinar matahari atau saat mencoba produk skincare tertentu 
  • Kulit wajah terasa kencang, kering dan memiliki tekstur yang kasar 
  • Kulit wajah sering terasa perih dan mudah gatal

 

Nah, jika kamu memiliki ketiga ciri-ciri di atas, kini saatnya mengetahui penyebab serta perawatan yang tepat untuk kulit sensitif!

 

Penyebab dan Treatment untuk Kulit Sensitif

Pada umumnya, tipe kulit sensitif merupakan tipe kulit yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Munculnya keluhan pada kulit sensitif bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah:

 

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Perubahan suhu atau cuaca ekstrem
  • Terlalu sering mengganti produk perawatan kulit atau kosmetik
  • Tidak cocok pada bahan tertentu dalam produk perawatan kulit atau kosmetik
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Gangguan kulit (eksim, rosacea dan dermatitis)
  • Stress

 

Meskipun merawat kulit sensitif sangat tricky, reaksi kulit akibat sensitivitas yang terlalu tinggi pada sesuatu juga bisa dihindari, jika kamu melakukan tindakan yang tepat, yaitu:

 

  • Pilih produk kosmetik atau perawatan wajah seperti sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif
  • Jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen dan pelembap setiap hari
  • Gunakan masker wajah yang menenangkan kulit
  • Jangan mandi serta cuci muka menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas
  • Selalu lakukan double cleansing untuk membersihkan sunscreen serta kosmetik yang digunakan

 

Sunscreen Ingredients yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan untuk Kulit Sensitif

Memilih jenis sunscreen yang tepat dan cocok bagi kulit sensitif sangatlah penting. Hal ini karena sunscreen merupakan rangkaian skincare yang wajib digunakan, karena berfungsi melindungi kulit dari sinar UV yang justru dapat merangsang sensitivitas kulit bagi pemilik kulit sensitif.

Sayangnya, tidak semua sunscreen cocok dengan kulit sensitif. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari kadar alkohol, penggunaan pewarna atau parfum, dan lainnya. Ketiga bahan tersebut memang masih bisa ditoleransi oleh beberapa kulit sensitif. Namun, jika kulit yang dimiliki terlalu sensitif, seringkali kadar alkohol. parfum, paraben, dan pewarna yang sangat rendah pun tetap bisa memicu reaksi sensitif pada kulit. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Penggunaan alkohol dalam produk perawatan kulit tidaklah asing. Sayangnya, kadar alkohol tertentu dapat mengiritasi kulit sensitif yang diiringi dengan kulit kering dan rusak.
  • Penggunaan parfum yang berlebihan pada produk skincare termasuk sunscreen ditemukan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya dermatitis kontak, yaitu suatu kondisi di mana kulit menjadi kemerahan dan meradang. Selain itu, penggunaan parfum juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis pada kulit yang sangat sensitif dikarenakan bahan kimia yang digunakan. 
  • Pengawet atau juga dikenal dengan paraben merupakan bahan kimia yang digunakan untuk memperpanjang umur suatu produk skincare. Penelitian menunjukkan bahwa paraben dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sangat sensitif, dan mengganggu produksi hormon reproduksi yang dimiliki oleh pria dan wanita.
  • Sama dengan alkohol, parfum, serta pengawet, penggunaan pewarna pada produk sunscreen juga dapat memicu reaksi pada kulit sensitif. Hal ini karena penggunaan pewarna dapat menyebabkan iritasi, menyumbat pori-pori, dan meningkatkan kepekaan pada kulit. Penggunaan pewarna juga dapat menganggu keseimbangan minyak alami yang dimiliki oleh kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit kering/berminyak berlebihan dan menimbulkan jerawat.

 

Tidak hanya menghindari keempat bahan tersebut dalam sunscreen yang kamu miliki, terdapat pula beberapa skincare ingredients yang wajib dimiliki dalam sunscreen kamu yang memiliki kulit sensitif:

  • Bahan yang mengandung anti-inflamasi. Bahan anti-inflamasi pada sunscreen berperan untuk mencegah peradangan pada kulit akibat sinar UV yang bisa sebabkan kulit menjadi kering, muncul jerawat, kemerahan, hingga muncul rasa gatal.
  • Bahan yang mampu melembapkan kulit seperti Hyaluronic Acid dan Glycerin. Hal ini karena salah satu reaksi yang paling sering dialami oleh kulit sensitif adalah kulit yang kasar dan terlampau kering. Di sinilah peran bahan pelembap tersebut untuk menjaga kelembapan alami yang dimiliki oleh kulit sehingga tetap sehat.
  • Sunscreen dengan broad spectrum yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

 

ANESSA Mild Series: Dedicated For Sensitive Skin

ANESSA mengerti bahwa mencari jenis sunscreen yang cocok pada kulit sensitif tidak mudah dan cukup tricky. Kini, ANESSA Sunscreen telah menghadirkan rangkaian sunscreen baru yang sangat cocok untuk kulit sensitif dan bayi di atas 6 bulan, yaitu ANESSA Mild Series!

 

ANESSA Mild Series merupakan seri sunscreen dari ANESSA dengan formula yang lembut di kulit serta memiliki proteksi dari sinar UV yang maksimal. Seri ini memiliki dua varian, yaitu ANESSA Perfect UV Mild Milk yang memiliki tekstur milky dengan hasil akhir mate  dan ANESSA Moisture UV Mild  Gel yang akan memberikan efek dewy dan glowing pada kulit. Berikut beberapa kelebihan dari ANESSA Mild Series yang wajib kamu tau!

  • Memiliki Teknologi SmoothProtect Technology

SmoothProtect Technology merupakan teknologi terbaru untuk menghasilkan perlindungan kuat, namun juga sangat lembut dan nyaman di kulit. SmoothProtect Technology dari ANESSA Mild Series akan memberikan perlindungan pada nano level.

  • Proteksi pada Nano Level

Memberikan perlindungan UV yang tersebar pada tingkat nano sehingga pelindung UV pada kulit tidak menggumpal. Kemampuan memantulkan sinar UV yang menyinari kulit menjadi meningkat.

  • Hypoallergenic Formula

Sangat lembut di kulit, dan bisa digunakan oleh bayi 6 bulan ke atas.

  • Additive-Free

ANESSA Mild Series diformulasikan tanpa ethanol, paraben, alkohol, pewarna, parfum dan pengawet.

  • Mengandung Skincare Ingredients  

ANESSA Mild Series diformulasikan dengan skincare ingredients untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Skincare ingredients tersebut di antaranya adalah Peony Root Extract (anti-inflamasi & anti-bakteri), Super Hyaluronic Acid (menjaga kulit tetap lembap), Glycerin (menjaga kekenyalan kulit) dan Licorice (kaya akan antioksidan).

  • Melindungi Kulit dari Partikel Mikro di Udara

ANESSA Mild Series memberi perlindungan optimal pada kulit dengan mengusir kontaminan polusi di udara dengan menangkap dan menetralisasi sebelum sampai pada lapisan kulit.

  • Lebih Ramah Lingkungan

ANESSA Mild Series memiliki kemasan dari bioplastik, sehingga membuatnya lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

 

Itu dia beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ANESSA Mild Series. Meskipun memiliki formula yang sangat lembut di kulit, perlindungan ANESSA Mild Series juga tetap maksimal, lho! Hal ini karena Double Defense Technology yang juga diformulasikan dalam ANESSA Mild Series. Double Defense Technology ini sendiri terdiri dari Aqua EX Booster Technology dan Super Waterproof Technology yang memberikan proteksi UV yang maksimal meski kulit terpapar air dan keringat.

 

So, sudah tidak pusing lagi ya, mencari jenis sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif? Kini, kamu bisa memiliki ANESSA Mild Series untuk melindungi kulit sensitif kamu dari sinar UV! ANESSA Mild Series bisa didapatkan secara eksklusif melalui Sociolla. Go grab yours now!