15 August 2022

12 Perlengkapan Renang yang Harus DIbawa saat Liburan

Berlibur ke pantai di musim panas memang kegiatan yang wajib dilakukan oleh siapapun! Mulai dari anak-anak hingga dewasa, bersama teman-teman ataupun keluarga. Karena, tidak ada yang lebih seru dan mengasyikkan daripada bermain pasir pantai dan menanti ombak datang menghampiri. Setuju, kan? 

Namun, ada kalanya saat berlibur ke pantai, kita melupakan perlengkapan-perlengkapan yang wajib dibawa, alhasil liburan yang dilewati tidak menjadi maksimal. Nah, supaya kamu bisa bersenang-senang sepenuhnya selama liburan, ANESSA telah membuat daftar perlengkapan renang yang harus dibawa untuk memenuhi segala kebutuhan kamu. Apa saja itu? 

Perlengkapan Renang yang Harus Dibawa

Untuk membuat pengalaman liburan kamu menjadi maksimal, berikut perlengkapan renang yang harus dibawa dari ANESSA: 

1. Pakaian Renang 

Tentu saja, untuk berenang di pantai, kamu perlu membawa pakaian renang untuk mendukung segala mobilitas kamu. Pilihlah pakaian renang yang nyaman dengan bahan yang cepat kering dan terasa hangat, sehingga kamu tidak akan mudah merasa kedinginan saat berenang. 

2. Kacamata renang 

Ingin melihat pemandangan bawah laut yang indah? Kamu perlu membawa kacamata renang untuk melindungi mata dan hidung kamu dari air laut! Kamu bisa memilih kacamata renang yang hanya menutupi mata, atau snorkel yang dapat menutupi hidung dan memiliki saluran udara untuk kamu bernafas saat snorkeling. Dijamin, pengalaman berenang kamu di pantai menjadi semakin asyik, deh. 

3. Penutup Kepala 

Tidak ingin rambut menjadi basah setelah berenang di pantai? Kamu bisa membawa penutup kepala khusus untuk berenang yang akan melindungi rambut dari air, sehingga rambut tetap kering dan anti-lepek.

4. Kaki Katak 

Ingin berenang dengan lancar saat snorkeling? Kamu bisa membawa atau menyewa kaki katak untuk membuat gerakan berenang kamu lebih efisien dan hemat energi. 

5. Handuk 

Tentu, perlengkapan yang satu ini nggak bisa dilupakan ketika pergi berenang, ya. Kamu bisa membawa handuk dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak tempat penyimpanan. Pilih juga handuk yang dapat meresap air dengan baik untuk mengeringkan tubuh setelah berenang. 

6. Perlengkapan Mandi 

Setelah berenang di pantai, biasanya kulit akan terasa lebih kering dan rambut menjadi kasar. Oleh karena itu, jangan lupa membawa sabun dan sampo untuk membersihkan tubuh dari air laut yang menempel secara menyeluruh, ya!

7. Pakaian Ganti

Kamu bisa membawa pakaian ganti yang nyaman dikenakan setelah berenang. Pilihlah pakaian hangat untuk menghindari tubuh yang kedinginan setelah beraktivitas cukup lama di dalam air. 

8. Topi dan Kacamata Hitam

Cuaca pantai yang panas dan terik terkadang membuat kita tak nyaman. Agar kamu bisa tetap beraktivitas, sebaiknya bawalah topi dan kacamata hitam untuk melindungi kepala dan jarak pandangmu dari sengatan sinar matahari terik. 

9. Cloth Bag 

Kamu bisa membawa cloth atau laundry bag berbahan plastik untuk menyimpan pakaian basah setelah berenang. Sebaiknya, pisahkan baju basah dan kering untuk menghindari baju menjadi lembap dan  memiliki bau yang tidak sedap. 

10. Skincare

Setelah membilas tubuh, memang paling tepat menutrisi kulit kembali setelah terkena air laut. Bawalah skincare utama seperti pelembap dan lip balm untuk merawat kulit agar tetap sehat dan lembap. 

11. Paling Penting: Sunscreen 

Nah, ini dia yang paling penting! Cuaca yang sangat terik di pantai bisa membuat kulit kita terbakar. Tidak hanya itu, sinar UVA dan UVB yang dipancarkan oleh matahari juga mampu membuat kulit mengalami masalah lain seperti jerawat, sensitivitas meningkat, hingga risiko penuaan dini. Untuk menghindari berbagai masalah tersebut, pastikan kamu memilih sunscreen dengan formula tahan air, pasir, dan keringat sehingga kulit tetap terlindungi dari sengatan sinar matahari saat beraktivitas di pantai.

12. Produk After-sun

Kulit tampak kemerahan setelah beraktivitas seharian di pantai itu hal yang wajar, kok. Namun, kamu bisa meminimalisir hal ini supaya tidak terjadi dengan menggunakan produk after-sun seperti gel lidah buaya untuk menenangkan kulit setelah beraktivitas seharian di bawah matahari. 

Pentingnya Sunscreen Saat Berenang

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari berenang seharian di pantai tanpa sunburn pada kulit yang mengikuti. Pasalnya, cuaca di pantai yang cukup terik memang seringkali dikaitkan dengan kulit yang terbakar, belang, dan sebagainya. Namun tenang saja, dengan menggunakan sunscreen saat berenang di pantai, kamu bisa menghindari hal-hal itu, kok! 

Pastikan kamu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di air untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB dari matahari. Pasalnya, beraktivitas apapun termasuk berenang bisa menyebabkan berbagai dampak buruk pada kulit, di antaranya: 

  • Kulit menghitam, kemerahan, atau terbakar

  • Kulit menjadi kering

  • Muncul kerutan halus 

  • Hiperpigmentasi 

  • Penuaan dini 

  • Risiko kanker kulit meningkat 

Untuk melindungi kulitmu dengan optimal saat berenang di pantai, pilihlah sunscreen dengan formula ringan, nyaman dikenakan, serta memiliki formula yang tahan air, keringat, gesekan, hingga cuaca panas dan lembap.

Pilih Sunscreen yang Aman Bagi Lautan!

Selain memilih sunscreen dengan proteksi UV yang tinggi, kamu juga perlu memilih sunscreen yang ramah bagi lautan. Pasalnya, beberapa sunscreen masih memiliki kandungan yang tidak aman bagi lingkungan seperti paraben dan homosalate serta masih meninggalkan residu pada air laut. Berikut beberapa dampak lingkungan ketika kamu menggunakan sunscreen yang tidak ramah lingkungan: 

  • Rusaknya terumbu karang di laut 

  • Terganggunya kesuburan serta reproduksi biota laut seperti ikan, bulu babi, dan sebagainya 

  • Terjadinya erosi di pantai 

  • Kejernihan dan kualitas air laut menurun

Nah, dengan berbagai dampak lingkungan tersebut, maka penting memilih sunscreen dengan klaim yang ramah lingkungan, ya!

Inovasi SUNstainability dari ANESSA yang Ramah Lingkungan 

Ingin mendapatkan perlindungan UV yang maksimal juga ramah bagi lingkungan? Kamu bisa memilih ANESSA Sunscreen sebagai tabir surya andalan kamu! 

ANESSA Sunscreen kini hadir dengan Auto Booster Technology yang mampu melindungi kulit lebih kuat dari sinar UV saat terpapar panas, kelembapan, air, dan keringat sehingga kamu bisa bebas beraktivitas di pantai tanpa takut akan dampak buruk dari sinar UV. ANESSA juga dilengkapi dengan formula yang juga tidak lengket dan friction resistant (tidak luntur oleh berbagai gesekan pada kulit), ANESSA juga hadir dengan inovasi SUNstainability demi komitmennya dalam menjaga lingkungan. 

Apa saja inovasi dari SUNstainability? 

  • Kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari plastik berasal dari tumbuh-tumbuhan sehingga dapat terurai dengan baik 

  • Packaging botol yang dapat didaur ulang sepenuhnya, sehingga tidak menjadi limbah yang dapat merusak lingkungan 

  • Komitmen untuk mengurangi emisi CO2 pada tahun 2022 sebesar 23,7% lebih tinggi untuk produk ANESSA Perfect UV Milk serta 11,7% lebih tinggi untuk produk ANESSA Perfect UV Gel pada tahun 2022 (dibandingkan dengan tahun 2020)

  • Diformulasikan dengan bahan-bahan ramah lingkungan yang diiringi dengan lebih dari 100 penelitian terhadap sinar UV oleh Shiseido 

Kabar baiknya, ANESSA Sunscreen juga memiliki tiga varian sunscreen yang bisa kamu pilih sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulitmu, lho! Yuk liburan ke pantai bersama ANESSA!