30 March 2021

4 Manfaat Sunscreen yang Penting untuk Kulitmu

Selain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ternyata masih banyak manfaat penting lainnya lho dari sunscreen. Itulah mengapa sangat disarankan sekali memakai sunscreen setiap hari untuk mencegah kulitmu dari hal-hal di bawah ini. Apa saja sih? Yuk scroll ke bawah!

 

 

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari 

Tahukah kamu? Selain menstimulasi produksi Vitamin D pada tubuh, sinar matahari yang menyinari kulit kita juga ternyata dapat memberikan berbagai dampak buruk jika kita tidak melakukan tindakan preventif yang tepat. Dampak buruk yang diberikan oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari ini, terbagi ke dalam dua yaitu dampak yang langsung terlihat dan dampak berkepanjangan di kemudian hari. Dampak buruk bagi kulit yang bisa langsung dilihat di antaranya adalah kulit yang terbakar, belang, dan iritasi. Sedangkan, munculnya sunspot, timbul kerutan halus di kulit, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit termasuk ke dalam beberapa dampak buruk yang baru terlihat di kemudian hari. Kedua hal ini disebabkan oleh radiasi UVA dan UVB yang dipancarkan melalui matahari. Tingkat bahaya sinar UV bagi kulit dapat diidentifikasi melalui Indeks UV, yang terbagi ke dalam golongan: 

 

  • Hijau (0-2): risiko sinar UV bagi kulit dan kesehatan rendah 

  • Kuning (3-5):  risiko sinar UV bagi kulit dan kesehatan sedang 

  • Oranye (6-7):  risiko sinar UV bagi kulit dan kesehatan tinggi

  • Merah (8-10):  risiko sinar UV bagi kulit dan kesehatan sangat tinggi 

  • Ungu (>11):  risiko sinar UV bagi kulit dan kesehatan sangat berbahaya 

 

Pasalnya, sebagai negara tropis, Indonesia memiliki Indeks UV yang cukup tinggi, yaitu pada golongan Oranye-Ungu pada pukul 09.00-16.00. Oleh karena itu, kulit kita membutuhkan sunscreen, produk kesehatan dan kecantikan yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nah, selain melindungi kulit dari sinar matahari, banyak manfaat sunscreen lainnya yang bisa kamu rasakan. Penasaran, apa saja? Pastikan kamu baca artikel ini hingga habis, ya! 

 

 

Menjaga Warna Kulit Tetap Merata 

Apakah kamu pernah memiliki masalah kulit belang pada area wajah dan anggota tubuh lainnya? Bisa jadi kulitmu mengalami hiperpigmentasi! Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana warna kulit pada wajah atau bagian tubuh lainnya tidak merata. Kondisi ini diakibatkan tubuh yang memproduksi zat melanin, yaitu zat yang berperan dalam memberi warna kulit tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Nah, meningkatnya produksi zat melanin pada kulit ini disebabkan oleh radiasi UV dari pajanan sinar matahari. Selain dapat menghindari produksi zat melanin dalam jumlah yang berlebih, menggunakan sunscreen juga dapat mencegah masalah kulit lainnya seperti kulit kering, kasar dan iritasi yang disebabkan oleh radiasi dari sinar UVB. Selanjutnya, sinar UV tepatnya sinar UVA dapat memunculkan flek hitam, yang juga dapat membuat tampilan warna pada kulitmu tidak merata.  Makanya, penting banget bagi kamu agar aplikasikan sunscreen setiap hari di area wajah dan tubuh setiap hari untuk menghindari hiperpigmentasi pada kulit!

 

 

Mencegah Komedo 

Salah satu alasan orang-orang malas menggunakan sunscreen adalah karena khawatir jika sunscreen dapat menyebabkan munculnya komedo di area wajah. Hal ini dikarenakan sebagian besar sunscreen memiliki sifat yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya minyak berlebih penyebab masalah kulit seperti  komedo, whitehead, dan jerawat. Sebagai solusinya, Kamu bisa memilih produk sunscreen yang tidak menyumbat pori-pori pada wajah untuk menghindari munculnya solar comedone, yaitu komedo yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan, whitehead, dan jerawat pada kulit wajah. 

 

 

Memperlambat Kulit Keriput dan Penuaan Dini

Yes, salah satu manfaat sunscreen yang paling utama adalah memperlambat munculnya kerutan atau keriput pada kulit dan terjadinya penuaan dini pada kulit. Hingga saat ini, masih banyak yang belum tau faktor yang paling utama terjadinya penuaan pada kulit diakibatkan oleh sinar UV, bukan dikarenakan usia yang bertambah. Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para scientist, sinar UV memiliki peran sebesar 80% dalam merubah susunan-susunan pada kulit. 

 

Sinar UV yang terbagi kedalam sinar UVA dan UVB memiliki peran masing-masing dalam mempengaruhi penuaan pada kulit. Nah, agar lebih jelas, simak tabel di bawah ini dengan seksama ya! 


 

Sinar UVA 

Sinar UVB

Menembus lapisan terdalam kulit (dermis & epidermis)

Tidak menembus lapisan terdalam kulit, namun memberikan dampak buruk yang dapat langsung dirasakan setelah kulit terpapar matahari 

Merusak serabut kolagen dan elastin pada kulit yang berperan sebagai pengikat benang agar kulit tetap kencang. Kulit menjadi kendur, elastisitas berkurang dan munculnya keriput

Memberikan efek kulit terbakar, melepuh, pigmentasi jangka panjang, kulit kering dan mengelupas sebagai tanda penuaan dini pada kulit


 

Nah, dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa kok melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, serta terhindar dari berbagai masalah kulit di atas! Gak heran, kalau mengaplikasikan sunscreen seringkali dianggap sebagai rutinitas wajib yang perlu dilakukan setiap harinya. Karena, deretan skincare anti-aging tentu akan menjadi sia-sia jika kita tidak melindungi kulit dari dampak buruk yang disebabkan oleh sinar UV. 


Pastikan kamu telah memilih produk sunscreen yang mampu berikan perlindungan maksimal untuk kulit dari sinar UV yang juga nyaman dikenakan di kulit di saat yang sama. Salah satunya, kamu bisa menjadikan ANESSA Beauty Sunscreen sebagai sunscreen andalan kamu! ANESSA Beauty Sunscreen memiliki inovasi Triple Defense Technology yang akan berikan perlindungan semakin kuat ketika kulit terpapar panas, keringat dan air, serta dilengkapi dengan 50% Beauty Ingredients yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah Kyoto Green Tea Extract yang kaya akan antioksidan yang mampu mencegah photoaging (penuaan kulit akibat sinar UV) dengan maksimal dan mencegah timbulnya jerawat pada kulit, serta Yellow Flower Extract yang dapat mencegah terjadinya vasodilatasi, yaitu membesarnya pembuluh darah yang mejadi faktor photoaging pada kulit. Ditambah lagi, ANESSA juga diformulasikan dengan bahan-bahan yang aman bagi kulit dengan aroma citrus yang ringan. Gak heran, kalau ANESSA Beauty Sunscreen menjadi brand sunscreen No. 1 di Jepang selama berturut-turut!