17 April 2022

Wajib Tau, 8 Manfaat Sunscreen untuk Kulit Wajah!

Dalam Artikel Ini: 

Manfaat Sunscreen untuk Kulit 

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sehat dan Cerah 

New ANESSA Brightening UV Gel untuk Mencerahkan Kulit Wajah

 

Apakah kamu merasa memiliki kulit wajah yang kusam atau mengalami hiperpigmentasi? Atau mungkin, skin barrier kulit yang tipis sehingga muncul banyak masalah kulit? Keadaan ini tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga dapat mengganggu kepercayaan diri. Untungnya, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan sunscreen secara rutin! 

Lantas, apa saja sih manfaat sunscreen untuk kulit wajah? Ketahui secara lengkapnya pada artikel ini.

1. Menjaga Kulit Agar Tidak Terbakar 

Manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Berbicara seputar sinar UV, jenis radiasi ini terbagi ke dalam tiga golongan yang memiliki karakteristik berbeda pula. 

Jenis sinar UV yang pertama adalah sinar UVA yang dapat menembus awan, cermin, air, bahkan sela-sela pintu dan jendela. Umumnya, dampak sinar UVA pada kulit merupakan dampak jangka panjang seperti penuaan dini. 

Jenis sinar UV yang kedua merupakan UVB. Berbeda dengan sinar UVA, jenis yang satu ini memiliki panjang gelombang lebih pendek sehingga tidak mampu menembus jendela atau sela-sela pintu. Meskipun demikian, sinar UVB juga dapat memberikan dampak yang dapat langsung terlihat seperti kulit menggelap, kemerahan, dan membuat kulit terlihat kusam. 

Nah, salah satu manfaat dari menggunakan sunscreen tiap hari ini adalah melindungi kulit agar tidak terbakar dan terlihat kusam yang diakibatkan oleh sinar UVB. Kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB bisa dilihat pada angka SPF-nya. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih sunscreen dengan minimal SPF 30, ya!

2. Memperkuat Skin Barrier 

Tahukah kamu? Paparan sinar UV yang terus menerus dan intens juga dapat merusak skin barrier kita, lho. Padahal, skin barrier merupakan lapisan penting yang dimiliki oleh kulit, termasuk kulit wajah untuk melindunginya dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit sensitif, kemerahan, bruntusan, dan masih banyak lagi. 

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, sinar UVB yang dipancarkan oleh matahari mampu mencapai lapisan bernama Stratum Corneum (SC) yang terletak pada lapisan epidermis kulit. Sinar UVB yang mencapai lapisan Stratum Corneum ini, kemudian akan mengganggu penghalang kulit yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi akibat pengurangan tingkat air pada lapisan tersebut. Ketika hal ini terjadi, kemampuan perlindungan alami yang dimiliki oleh kulit akan menurun dan mengakibatkan masalah kulit muncul. 

Nah, untuk menghindari rusaknya skin barrier, kamu bisa menggunakan sunscreen setiap hari apapun aktivitas yang kamu lakukan. Dengan kulit yang terlindungi dari UVB oleh sunscreen, kamu dapat menjaga skin barrier kulit kamu tetap kuat dan sehat.

3. Mencegah Munculnya Bintik Hitam 

Bintik hitam atau dikenal juga dengan flek hitam merupakan bintik-bintik penuaan berwarna abu-abu kehitaman. Kondisi ini merupakan salah satu tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. 

Mengapa bintik hitam bisa terjadi? Ketika kulit terpapar oleh sinar UV, melanosit, komponen penting yang memberikan warna pada kulit, akan bereaksi melepaskan melanin yang bertindak sebagai tabir surya alami yang dimiliki oleh tubuh. Melanin ini berperan dalam menyerap energi dari sinar UV dan mendistribusikannya kembali. Namun, paparan sinar UV justru dapat memicu produksi melanin terlalu banyak, yang kemudian menyebabkan munculnya bercak abu kehitaman pada kulit yang kemudian disebut sebagai bintik hitam atau sunspot. 

Lagi-lagi, sunscreen menjadi peran penting dalam mencegah hal ini terjadi pada kulit. Kamu bisa memilih sunscreen dengan perlindungan broad spectrum untuk melindungi kulit secara optimal. Pastikan juga reapply setiap dua jam sekali, ya.

4. Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat

Salah satu protein dalam tubuh yaitu kolagen memiliki peran besar dalam menjaga kulit tetap kenyal, halus, dan sehat. Namun sayangnya, paparan sinar UV bisa merusak produksi kolagen di dalam tubuh sehingga kulit dapat kehilangan kekenyalannya. 

Ketika kulit terpapar oleh sinar UV, kolagen dan elastin dalam tubuh yang terletak dalam lapisan dermis dan  berperan sebagai jaringan penopang dapat terpecah dan rusak. Hal ini diakibatkan oleh sinar UVA yang mampu menembus hingga ke lapisan kulit terdalam. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan muncul kerutan-kerutan halus. Itulah sebabnya dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa melindungi kulitmu tetap sehat dan kenyal karena produksi kolagen yang tetap terjaga. 

5. Mencegah Risiko Penuaan Dini 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 80% faktor penuaan dini terjadi akibat paparan sinar UV dari matahari. Hal ini diikuti dengan tanda-tanda penuaan kulit seperti hiperpigmentasi, kelembapan yang berkurang, hingga rusaknya struktur kulit dan kerusakan fungsi sel dan stres oksidatif. 

Penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UVA disebabkan oleh peningkatan radikal bebas di lapisan epidermis dan dermis sejak paparan pertama. Dalam jangka panjang, radikal bebas yang berada di dalam kulit dapat merusak struktur produksi protein kolagen dan struktur DNA kulit sehingga kulit lebih cepat keriput. Dampaknya lebih lanjut adalah meningkatnya risiko kanker kulit akibat struktur DNA yang berubah. 

Risiko penuaan dini dan kanker kulit inilah yang menjadikan sunscreen sebagai skincare yang wajib dimiliki oleh setiap orang mulai dari wanita ataupun pria serta anak-anak hingga remaja. Menggunakan sunscreen yang tepat ditemukan dapat mencegah hingga 98% dampak buruk dari sinar UV, termasuk penuaan dini dan risiko kanker kulit. Apalagi, iklim di Indonesia yang termasuk wilayah tropis dengan intensitas matahari serta indeks UV yang tinggi.

6. Mencegah Munculnya Komedo 

Efek sinar UV yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah tidak hanya memicu tumbuhnya jerawat, namun juga komedo di area hidung. Nah, dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kulit menjadi terhindar dari risiko berjerawat dan tumbuhnya komedo akibat sinar UV.

7. Membuat Warna Kulit Tetap Merata 

Pernah merasa warna kulit yang tidak merata serta terlihat kusam? Hal ini bisa disebabkan oleh paparan sinar UV! Saat kulit terpapar oleh sinar UV dalam jangka waktu yang cukup lama, melanin, pigmen pemberi warna pada kulit akan berproduksi lebih banyak sehingga membuat kulit tampak kusam dan tidak merata. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sunscreen setiap hari yang juga bermanfaat mencegah warna kulit tidak merata. 

8. Mencegah Kanker Kulit

Tahukah, kamu? Salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker kulit adalah paparan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Diketahui, sinar UVA yang dipancarkan oleh matahari mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit dan dapat merusak jaringan kolagen serta DNA kulit dalam jangka waktu panjang. Nah, perubahan genetik DNA inilah yang menyebabkan terjadinya kanker kulit. Selain mencegah dampak penuaan dini, sunscreen juga berperan besar dalam mencegah risiko terjadinya kanker kulit.

Baca juga: Apa itu Sunscreen? Kenali Definisi dan Jenis-jenisnya di Sini!

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sehat & Cerah 

Setelah mengetahui beragam dampak dari sinar UV dan manfaat sunscreen dalam mencegahnya, tentunya kamu sepakat bahwa sunscreen merupakan skincare yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Nah, agar kulit mendapatkan perlindungan UV yang sempurna agar kulit tampak sehat dan cerah, kamu perlu memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih sunscreen yang tepat di bawah ini: 

  • Tekstur Nyaman dan Ringan

Kebanyakan sunscreen yang beredar memiliki tekstur lengket dan terasa berat di kulit. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masih banyak orang yang malas menggunakan sunscreen setiap hari. Agar kamu dapat semangat menggunakan sunscreen apapun aktivitasmu, berkegiatan di dalam dan luar ruangan, pilihlah sunscreen dengan tekstur ringan serta nyaman digunakan pada kulit. 

  • Perlindungan UV yang Kuat 

Setelah tekstur nyaman dan ringan, kriteria sunscreen berikutnya yang wajib kamu perhatikan adalah sunscreen dengan perlindungan UV yang kuat. Untuk memastikan sunscreen yang kamu pilih benar-benar memiliki perlindungan UV yang kuat, pilihlah sunscreen dengan label broad spectrum serta formula yang tahan air, keringat, serta cuaca panas dan hawa lembap untuk mendukung segala aktivitas kamu. 

  • Minimal SPF 30 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sunscreen perlu memiliki angka SPF yang cukup, minimal 30, untuk melindungi kulit dari paparan UV. Angka SPF pada sunscreen sendiri memiliki angka yang bervariasi, mulai dari 15, 30, hingga 50. Diketehaui, sunscreen dengan SPF 15 mampu melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB, SPF 30 melindungi sebesar 97%, serta SPF 50 melindungi kulit dari 98% paparan sinar UVB. Jadi, pastikan sunscreen yang kamu pilih memiliki minimal SPF 30, ya! 

  • Mengandung Skincare Ingredients 

Tidak hanya melindungi kulit dari UV, kamu juga bisa memilih sunscreen dengan formula skincare di dalamnya untuk menutrisi kulitmu di saat yang sama. Kamu bisa memilih beberapa kandungan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya, jika kamu ingin mencerahkan wajah, kamu bisa mencari skincare dengan kandungan antioksidan dan brightening agent seperti M-tranexamic Acid, green tea, dan lainnya.  

New ANESSA Brightening UV Gel untuk Mencerahkan Kulit Wajah 

Mencari sunscreen yang tepat untuk melindungi kulit memang bisa menjadi hal yang cukup sulit. Selain banyaknya kriteria sunscreen yang harus dipenuhi, kamu juga harus benar-benar memastikan sunscreen yang kamu gunakan memiliki proteksi yang maksimal untuk melindungi kulit dari dampak UV. 

Sebagai jawabannya, kamu bisa mengandalkan ANESSA, brand sunscreen no. 1 di Jepang selama 21 tahun berturut-turut! ANESSA memiliki beberapa varian sunscreen yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi kamu. Salah satunya, adalah ANESSA Brightening UV Gel yang menjadi pilihan tepat, jika kamu ingin melindungi kulit dari UV dan mencerahkan wajah di saat yang sama. 

ANESSA Brightening UV Gel memiliki beberapa kelebihan, di antaranya: 

  • SPF50+ dan PA++++ untuk perlindungan UV yang optimal 

  • Formula Auto Booster Technology yang memberikan perlindungan UV semakin kuat ketika kulit terpapar air, keringat, dan kelembapan 

  • Mengandung 50% Skincare Ingredients, salah satunya brightening agent M-tranexamic Acid yang dapat mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam dalam waktu 2 minggu 

  • Memberikan hasil akhir dewy dan efek tone up pada kulit tanpa meninggalkan whitecast

Baca juga: ANESSA Sunscreen, Tabir Surya yang Aman Bagi Biota Laut! 


Well, itu dia beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dari ANESSA Brightening UV Gel. Dengan beberapa kelebihan tersebut, tentunya kamu bisa bebas beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa perlu khawatir akan dampak buruk UV. Yuk coba ANESSA Brightening UV Gel sekarang dan dapatkan kulit sehat, terlindungi dari UV, juga cerah di saat yang bersamaan!

 

Glosarium

SPF        : Singkatan dari Sun Protection Factor, sistem/penentu yang dirancang untuk memberi tahu berapa lama perlindungan yang diberikan sunscreen pada terhadap sinar UVB

Skin Barrier    : Bagian terluar kulit yang memberikan proteksi menyeluruh hingga ke bagian dalam

Epidermis     : Lapisan terluar pada kulit yang terdiri atas jutaan sel kulit yang diikat oleh lipid 

Dermis         : Lapisan kulit terletak di bawah epidermis, tempat berbagai komponen seperti akar rambut, tepi saraf, pembuluh darah, dan kelenjar keringat

Broad Spectrum: Tipe sunscreen yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB secara menyeluruh