07 June 2022

5 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Kehadiran flek hitam di kulit wajah seringkali mengganggu kepercayaan diri seseorang. Tak jarang, banyak yang mengakalinya dengan menggunakan foundation atau concealer dengan coverage yang cukup tinggi dan terasa berat di kulit wajah. 

Lantas, apa sih flek hitam itu? Apa yang menyebabkannya muncul dan bagaimana cara mencegahnya? Simak jawaban lengkapnya pada artikel ini, ya!

Apa Itu Flek Hitam? 

Flek hitam atau dikenal dengan ephelis dalam dunia medis merupakan bintik-bintik kecil berwarna coklat atau kehitaman yang muncul pada kulit, seringkali ditemukan di area wajah. Meskipun umumnya muncul di wajah, kondisi ini juga bisa ditemukan di anggota tubuh yang lain seperti punggung tangan, kulit lengan, leher, atau bahu dan dada. 

Kondisi ini merupakan hal yang normal dan dapat dialami oleh semua orang, disebabkan oleh peningkatan produksi melanin, yaitu pigmen pemberi warna pada kulit, yang tidak sewajarnya. Meskipun normal, kondisi ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri penuaan pada kulit, lho. Lalu, apa saja sih yang menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit?

Penyebab Flek Hitam di Wajah 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, flek hitam pada kulit muncul akibat meningkatnya produksi melanin. Nah, kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal mulai dari faktor genetik, perubahan hormonal, kurangnya asupan vitamin, penggunaan kosmetik, dan yang paling utama adalah paparan sinar UV yang berlebihan pada kulit. Simak penjelasan di bawah ini untuk selengkapnya, ya! 

1. Faktor Genetik 

Siapa sangka, genetik atau faktor keturunan bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Beberapa penelitian menunjukkan, terjadinya hiperpigmentasi atau produksi melanin yang berlebih dapat diturunkan melalui DNA seseorang kepada keturunannya, sehingga anak yang memiliki orang tua dengan masalah flek hitam memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan anak dengan orang tua tanpa masalah flek hitam. 

2. Perubahan Hormonal 

Tubuh memiliki banyak hormon yang bisa saja mengalami perubahan. Misalnya, hormon yang ditimbulkan saat menstruasi atau hamil, ditemukan dapat memicu produksi melanin yang tinggi sehingga dapat memunculkan flek hitam di kulit. 

3. Kurang Asupan Vitamin

Tidak hanya dapat mengganggu pertahanan dan imunitas tubuh kamu, kekurangan asupan vitamin juga bisa sebabkan munculnya flek hitam, lho. Hal ini dikarenakan vitamin E yang berperan penting dalam melindungi kulit dari dampak buruk akibat paparan sinar matahari. Kekurangan vitamin ini, dapat meningkatkan risiko terjadinya flek hitam pada kulit. 

4. Penggunaan Kosmetik 

Tahukah kamu? Penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa memicu munculnya flek hitam di wajah, lho. Karena, kandungan kimia di dalamnya bisa saja tak cocok dengan kulitmu yang akhirnya memicu produksi melanin pada kulit. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih kosmetik dengan kandungan yang tepat, ya! 

5. Paparan Sinar UV 

Nah, yang satu ini adalah penyebab utama munculnya flek hitam di wajah, nih! Yup, sinar UV, seperti yang kita tahu memiliki dua jenis yaitu UVA dan UVB, dapat menyebabkan berbagai dampak buruk pada kulit. Mulai dari kulit kering, terbakar, dan memicu peningkatan produksi melanin pada kulit sehingga menyebabkan hiperpigmentasi dan flek hitam pada kulit. Selain menyebabkan flek hitam, banyak dampak UV lainnya yang berbahaya pada kulit seperti meningkatnya risiko penuaan dini dan kanker kulit di masa tua.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Kini, kamu sudah tahu berbagai penyebab flek hitam di wajah muncul. Nah, untuk melakukan tindakan preventif atau menghilangkan flek hitam di wajah yang sudah ada, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini, ya! 

1. Gunakan Skincare dengan Kandungan Pencerah Wajah 

Menggunakan skincare seperti serum atau toner dengan kandungan pencerah wajah (Niacinamide, m-Tranexamic Acid, dan lainnya) dapat membantu kamu untuk memudarkan flek hitam. Pastikan menggunakannya secara rutin, ya! 

2. Penuhi Asupan Vitamin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu memenuhi asupan vitamin, terutama vitamin E untuk menjaga kulit tetap cerah dan terhindar dari flek hitam. Jadi, jangan lupakan konsumsi buah-buahan dan sayur-mayur dengan nutrisi yang cukup. 

3. Hindari Kosmetik dengan Bahan Pemicu Fotosensitivitas 

Beberapa bahan skincare atau kosmetik seperti vitamin C dan AHA BHA dapat memicu fotosensitivitas pada kulit, sehingga kulit akan lebih berdampak akibat paparan UVA dan UVB. Pastikan kamu menghindari kedua kandungan tersebut di siang hari, ya! 

4. Double Cleansing 

Jangan lupa, lakukan double cleansing setelah selesai beraktivitas dengan makeup remover dan facial wash untuk menghindari pori-pori tersumbat. 

5. Paling Penting: Gunakan Sunscreen! 

Seiring waktu, paparan sinar UV dari matahari yang berulang dapat menjadi penyebab utama munculnya flek hitam di wajah dan area tubuh lainnya. Hal ini merupakan tanda awal dari penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV. 

Menurut dermatologis, radiasi UV dapat menginduksi melanosit yang berujung produksi melanin yang tinggi pada kulit. Penelitian menunjukkan, menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan perlindungan UV yang kuat (formula tahan air dan gesekan, nyaman digunakan, dan lainnya) dapat membantu mencegah munculnya flek hitam dan mengurangi flek hitam pada kulit. Hal ini dikarenakan sunscreen memberikan lapisan perlindungan pada kulit dari sinar UV, sehingga sinar UVA dan UVB tidak dapat masuk ke dalam lapisan terdalam kulit dan memicu peningkatan melanin. Jadi, jangan sampai lupa pakai sunscreen sebelum beraktivitas untuk mencegah dan menghilangkan flek hitam pada kulit, ya!

Kulit Wajah Cerah dengan ANESSA Brightening UV Gel!

Memiliki kulit wajah cerah dan terlindungi dari sinar UV merupakan dua kombinasi yang diidamkan oleh semua orang. Setuju, kan?

Kamu bisa mendapatkannya dengan New ANESSA Brightening UV Gel! Produk ini merupakan tabir surya/sunscreen hybrid dengan formula berwarna lavender, yang bisa mencerahkan kulit wajahmu dan melindungi kulit dari sinar UV, sehingga mampu membantu menghilangkan flek hitam dan mencegahnya muncul kembali. Apa saja sih, kelebihan dari sunscreen terbaru ANESSA satu ini? 

  • ANESSA Brightening UV Gel memiliki perlindungan UV yang kuat dan tahan lama, dilengkapi dengan SPF50+, PA++++, serta formula yang tahan air, keringat, dan gesekan berbagai benda (friction resistant). 

  • Jangan khawatir akan merasa tidak nyaman saat menggunakan ANESSA Brightening UV Gel, karena produk yang satu ini memiliki tekstur ringan dan cepat menyerap sehingga nyaman digunakan. 

  • ANESSA Brightening UV Gel memiliki formula berwarna lavender, berfungsi untuk memberikan warna biru dan merah pada kulit untuk mencerahkan kulit yang kusam seketika tanpa meninggalkan whitecast (faktanya, kulit kusam disebabkan oleh kekurangan warna berwarna biru dan merah!). 

  • Mengandung m-Tranexamic Acid yang mampu mencegah pembentukan melanin berlebih pada kulit, sehingga terhindar dari hiperpigmentasi dan flek hitam. 


Yup, itu dia beberapa kelebihan yang dimiliki ANESSA Brightening UV Gel. Jika kamu penasaran dan ingin mendapatkannya, langsung cek ANESSA Official Store, ya!