17 January 2023

Wajib Tau: Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah salah satu tipe kulit yang sering dijumpai dan dimiliki oleh wanita Indonesia. Hal ini, disebabkan oleh cuaca tropis yang dimiliki oleh Indonesia. Sama seperti skincare lainnya, menggunakan sunscreen yang tepat juga perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kombinasi. Di artikel ini, ANESSA akan merangkum mulai dari ciri-ciri hingga kriteria sunscreen untuk kulit kombinasi yang tepat. Yuk, baca sampai habis! 

Ciri-ciri Kulit Kombinasi 

Sama seperti tipe kulit lainnya, kulit kombinasi juga memiliki ciri-ciri tersendiri. Apa saja ciri-cirinya tersebut?

  • Kulit pada bagian T-zone (dahi dan hidung) cenderung berminyak, terutama saat terpapar cuaca panas dan lembap dalam waktu yang lama 

  • Kulit bagian pipi cenderung kering atau normal 

  • Pada saat pergantian musim, area T-zone menjadi sedang berminyak 

  • Perubahan hormon sering memicu kulit menjadi berjerawat karena produksi sebum yang meningkat 

Itu dia empat ciri-ciri kulit kombinasi yang seringkali muncul. Jika kulitmu memiliki dua hingga 4 ciri-ciri di atas, maka bisa dikatakan bahwa kamu memiliki kulit yang kombinasi. Supaya kulit kombinasi dapat terawat dengan baik, kamu perlu memilih jenis sunscreen untuk kulit kombinasi yang tepat. Apa saja kriterianya?

Kriteria Sunscreen untuk Kulit Kombinasi

1. Memiliki Finish Matte tanpa Membuat Kulit Kering 

Salah satu kriteria sunscreen untuk kulit kombinasi adalah sunscreen memiliki finish yang matte pada kulit, namun juga tidak membuat kulit terlalu kering. Dengan demikian, sebum berlebih pada area T-zone akan berkurang tanpa membuat kulit pada area lainnya menjadi kering. 
 

2. Perlindungan UV Maksimal 

Nah, hal ini menjadi kriteria yang paling penting pada sunscreen. Sunscreen yang kamu gunakan tidak hanya harus memiliki SPF dan PA yang cukup, kamu juga perlu memiliki sunscreen dengan formula yang tahan air, panas, lembap, dan terutama keringat. Hal ini sangat penting selain agar sunscreen yang kamu gunakan tidak luntur oleh sebum, namun juga bisa kamu gunakan di berbagai aktivitas. 

3. Skincare Formula 

Kamu juga bisa memiliki sunscreen dengan skincare formula di dalamnya. Jadi, selain dapat melindungi kulitmu dari sinar UV, kamu juga bisa mendapatkan skincare benefits mulai dari kulit yang lembap, terhindar dari penuaan dini, dan skin barrier yang sehat. 

4. Non-comedogenic 

Kandungan comedogenic pada sunscreen bisa membawa banyak dampak buruk pada kulit kombinasi. Mulai dari pori-pori tersumbat, muncul jerawat, hingga bruntusan pada kulit. Maka dari itu, kamu bisa memastikan sunscreen yang kamu pilih memiliki formula non-comedogenic sehingga kulit tetap aman. 

5. Mudah Dibilas 

Meskipun penting untuk memiliki sunscreen dengan perlindungan UV maksimal termasuk tahan air dan keringat, pastikan pula sunscreen yang kamu gunakan mudah dibersihkan dengan micellar water atau facial wash. Hal ini untuk memastikan tidak adanya residu sunscreen yang bercampur dengan kotoran ketika kamu sudah selesai beraktivitas.

Well, itu dia lima kriteria sunscreen untuk kombinasi yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk baca artikel ini hingga habis untuk melihat rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi dari ANESSA!

Rangkaian ANESSA untuk Kulit Kombinasi

Menemukan sunscreen yang tepat untuk tipe kulit kita memang terkadang menjadi hal yang cukup sulit, termasuk untuk kulit kombinasi. Namun tenang saja, kamu bisa memilih satu dari dua rekomendasi sunscreen ANESSA yang tepat untuk kulit kombinasi di bawah ini: 

1. ANESSA Gold Milk 

Jika kamu menyukai sunscreen dengan finish matte, kamu bisa memilih ANESSA Gold Milk. Varian sunscreen ini memiliki finish velvet matte tanpa membuat kulit kering, karena memiliki kandungan Super Hyaluronic Acid dan Collagen di dalamnya. Perlindungannya pun maksimal dengan Auto Booster Technology, perlindungan lebih kuat dari air, panas, keringat, dan kelembapan dengan formula non-comedogenic sehingga aman digunakan. 

2. ANESSA Gold Gel 

Nah, jika kulit kombinasi kamu memiliki area kulit yang sangat kering, kamu bisa menggunakan ANESSA Gold Gel yang memiliki hasil akhir dewy and glowing. Tenang saja, varian ini juga aman digunakan untuk area kulit berminyak, di mana kamu cukup set menggunakan bedak saja untuk memberikan hasil akhir yang sedikit matte. Sama seperti varian Gold Milk, sunscreen ini memiliki formula non-comedogenic, skincare ingredients, serta perlindungan UV lebih kuat saat kulit terpapar oleh air, keringat, dan kelembapan. 


Itu dia dua rekomendasi ANESSA Sunscreen untuk kulit kombinasi. Nggak usah khawatir, selain dapat mencegah kulit bruntusan, ANESSA Gold Milk dan ANESSA Gold Gel juga memiliki perlindungan yang semakin kuat dengan air, panas, kelembapan, dan keringat karena diformulasikan dengan Auto Booster Technology. Kedua varian ini juga memiliki skincare ingredients seperti Super Hyaluronic Acid dan Collagen untuk melembapkan wajah, Kyoto Green Tea Extract yang kaya akan antioksidan, serta Yellow Flower Extract untuk menjaga kulit dari risiko penuaan dini. Kamu bisa membaca lebih lanjut tentang ANESSA di Instagram ANESSA Indonesia dan berbelanja langsung di ANESSA Official Store, ya!