05 April 2021

Jangan Keliru, Ini Dia Perbedaan Sunscreen dan Sunblock!

Agar kulit tidak terpapar bahaya sinar matahari, kita tentunya menempuh beragam cara untuk melindunginya. Di antaranya adalah dengan menggunakan sunscreen dan sunblock. Namun, masih banyak lho, yang beranggapan kalau kedua jenis pelindung kulit ini adalah hal yang sama, padahal fungsi dan kandungannya pun berbeda. Mari kenali lebih lanjut mengenai perbedaan sunscreen dan sunblock berikut, yuk!

 

 

Perbedaan Fungsi dari Sunscreen dan Sunblock

Meskipun sama-sama mampu melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho. Dalam fungsinya sendiri, sunscreen dan sunblock memiliki cara kerja yang berbeda dalam melindungi kulit dari sinar UV. Ini dia bedanya: 

 

  • Sunscreen atau seringkali disebut sebagai chemical sunscreen melindungi kulit dari sinar UV dengan membuat lapisan khusus pada kulit dan menyaringnya sehingga tidak menembus lapisan terdalam kulit. Cara kerja sunscreen ini membuat kulit menangkal sebagian besar sinar UV dan terdapat sedikit radiasi yang tetap menyerap ke dalam kulit. 

  • Sunblock atau biasa disebut physical sunscreen bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit, sehingga mampu menghalangi sinar dalam menembus kulit. 

 

 

Selain chemical dan physical sunscreen, saat ini banyak produk sunscreen yang menggabungkan sifat keduanya dan disebut sebagai hybrid sunscreen. Hybrid sunscreen merupakan sunscreen dengan tekstur ringan seperti chemical sunscreen, namun dengan kemampuan perlindungan yang dimiliki oleh physical sunscreen atau sunblock. Dengan kata lain, hybrid sunscreen ini merupakan sunblock yang mampu memantulkan sinar matahari namun dengan tekstur dan sifat ringan yang dimiliki oleh chemical sunscreen. 

 

Tidak hanya cara bekerja serta fungsi yang berbeda, sunscreen dan sunblock juga diformulasikan dengan kandungan berbeda, serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan kamu membaca artikel ini hingga habis untuk tau lebih lengkapnya, ya!

 

 

Ingredients dalam Sunscreen 

Sunscreen atau chemical sunscreen memanfaatkan senyawa kimia seperti Aminobenzoic Acid, Avobenzone, Cinoxate, Oxybenzone dan senyawa kimia lainnya yang bekerja sebagai filter UV. Berbagai senyawa dalam sunscreen ini memiliki perlindungan yang berbeda-beda dari sinar UV. Misalnya, Oxybenzone yang termasuk ke dalam broad spectrum dan mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sedangkan Avobenzone yang hanya melindungi kulit dari sinar UVB.

 

 

Ingredients dalam Sunblock 

Jika sunscreen atau chemical sunscreen diformulasikan dengan berbagai senyawa kimia, sunblock atau physical sunscreen memanfaatkan kandungan mineral sebagai filter UV yang akan melindungi kulit dari sinar matahari. Kandungan mineral tersebut pada umumnya merupakan ZInc Oxide atau Titanium Oxide. Kedua kandungan ini dikenal sebagai broad spectrum pada produk tabir surya yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Namun, meskipun demikian, kandungan Titanium Dioxide dan ZInc Oxide pada sunblock seringkali memberikan konsistensi yang pekat dan kental sehingga sulit terserap oleh kulit.

 

 

Kekurangan dan Kelebihan Sunscreen dan Sunblock

Setelah mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock dari cara kerja dan kandungan di dalamnya, sekarang saatnya membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua tipe tabir surya ini. Simak dengan baik-baik, ya! 

 

  • Kelebihan Sunscreen/Chemical Sunscreen 

Pada umumnya, sunscreen memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit, serta tidak meninggalkan whitecast. Penggunaan sunscreen digemari oleh banyak orang karena tidak memberikan rasa lengket dan berat di kulit, sehingga pengguna sunscreen dapat beraktivitas bebas dengan nyaman. 

  • Kekurangan Sunscreen/Chemical Sunscreen 

Meskipun memiliki tekstur yang ringan, sunscreen pada umumnya memiliki sifat comedogenic. Hal ini dikarenakan sunscreen seringkali rentan menyumbat pori-pori pada kulit yang dapat menimbulkan produksi minyak berlebih yang dapat memicu munculnya jerawat dan komedo. Selain itu, sunscreen juga tidak sepenuhnya mampu melindungi kulit dari sinar UV, di mana masih terdapat sinar UV yang mampu menembus ke dalam lapisan kulit. Serta, sunscreen baru dapat aktif melindungi kulit setelah 20-30 menit pengaplikasian. 

 

Jadi, sudah tahu ya, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sunscreen/chemical sunscreen? Sekarang, saatnya membahas kelebihan dan kekurangan dari sunblock atau physical sunscreen! 

  • Kelebihan Sunblock/Physical Sunscreen 

Tidak seperti sunscreen, sunblock mampu berikan perlindungan dari sinar UV begitu kulit diaplikasikan sunblock. Selain itu, sunblock juga dinilai mampu melindungi kulit lebih maksimal dari sinar UV dibandingkan dengan sunscreen, dan juga memiliki sifat non-comedogenic.  

  • Kekurangan Sunblock/Physical Sunscreen 

Sunblock memiliki konsistensi yang cukup kental dan cenderung lengket sehingga lebih sulit menyerap pada kulit. Tidak hanya itu, sunblock seringkali meninggalkan rasa ‘berat’ begitu diaplikasikan dan meninggalkan whitecast. 

 

Itu dia kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sunblock. Setelah mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock di atas melalui kelebihan dan kekurangannya, kira-kira, produk tabir surya mana yang kamu pilih?

 

Eits, tunggu dulu! Kamu tidak perlu merasa kebingungan untuk memilih sunscreen atau sunblock, karena kamu bisa mendapatkan masing-masing kelebihannya di saat yang sama, tanpa merasakan satu kekurangan pun dari sunblock atau sunscreen itu sendiri. Ya, kamu bisa memilih ANESSA Beauty Sunscreen, hybrid sunscreen No. 1 di Jepang selama 20 tahun berturut-turut! ANESSA merupakan beauty sunscreen perpaduan antara chemical dan physical sunscreen. Apa aja sih, kelebihan yang dimiliki oleh ANESSA? 

 

  • Memiliki konsistensi cair yang ringan dan cepat menyerap pada kulit, tanpa meninggalkan rasa lengket dan berat 

  • Bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan merangsang munculnya pertumbuhan jerawat dan komedo pada wajah 

  • Dilengkapi dengan inovasi Triple Defense Technology pertama di dunia yang mampu berikan perlindungan semakin kuat dan merata ketika kulit terpapar panas, air dan keringat 

  • Diformulasikan dengan 50% Skincare Ingredients untuk bantu merawat kulit dari kerusakan akibat sinar UV 

  • Dapat digunakan sebagai primer makeup 

 

Ya, ANESSA memiliki segala kelebihan yang dimiliki oleh sunscreen dan sunblock sehingga mampu berikan perlindungan paling kuat dari sinar matahari, namun tetap lembut di kulit di saat yang bersamaan! Jadi, sekarang kamu gak perlu pusing memilih antara sunscreen atau sunblock lagi deh, karena kamu bisa mendapatkan kedua manfaatnya di ANESSA Beauty Sunscreen.

 

 

Cara Pengaplikasian ANESSA Sunscreen

Untuk melindungi kulit dari bahaya UV, kamu perlu mengaplikasikan ANESSA Beauty Sunscreen dengan tepat, ya! Begini caranya: 

  • Kocok kemasan ANESSA terlebih dahulu hingga bunyi stainless ball di dalamnya terdengar 

  • Aplikasikan sekitar 20mm diameter ANESSA Beauty Sunscreen untuk wajah, dan aplikasikan pada 5 titik di wajah dengan lembut (pipi, kening, hidung, dan dagu)

  • Aplikasikan sekitar 23-24mm diameter ANESSA Beauty Sunscreen dan gunakan di beberapa titik pada leher 

  • Untuk lengan dan kaki, Aplikasikan secara langsung dari kemasan ke kulit dengan lurus dan ratakan pelan-pelan dengan gerakan melingkar 

  • Re-apply ANESSA Beauty Sunscreen setiap 2-3 jam sekali untuk berikan perlindungan maksimal 


Gimana? Simpel banget kan, step yang perlu kamu lakukan untuk melindungi kulit dari sinar UV dengan maksimal? Kamu bisa mempercayakan ANESSA Beauty Sunscreen di segala aktivitasmu. Mulai dari di rumah aja, berkebun, jogging, hingga berenang, semua bisa kamu lakukan sambil tetap terlindungi dari sinar UV. So, what are you waiting for? Apply your beauty sunscreen now and keep shining all day with ANESSA!