29 December 2020

Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock di Sini!

Sunscreen dan sunblock adalah dua produk yang sering banget kita dengar terutama dalam hal melindungi kulit dari sinar matahari. Tapi ternyata, dari perbedaan nama yang mereka miliki memang ada juga lho perbedaan dari pengertian, kandungan dan manfaatnya. Nah, sebelum asal pakai sunscreen ataupun sunblock, yuk kita cari tahu apa saja sih, yang membedakan keduanya?

Pengertian Sunscreen dan Sunblock 

Meskipun seringkali dianggap memiliki manfaat yang sama, ternyata terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara sunscreen dan sunblock, lho. Sesuai dengan namanya, sunscreen seringkali hanya dapat melindungi permukaan kulit dari sinar matahari, di mana terdapat sinar matahari terserap dan tidak terserap ke dalam kulit. Sebaliknya, sunblock dianggap dianggap dapat menghalangi kulit dari semua sinar matahari, yaitu UVA dan UVB sehingga perlindungan yang diberikan lebih maksimal. 

Namun, sekarang ini, perbedaan sunscreen dan sunblock lebih sering disebut sebagai chemical sunscreen, yaitu sunscreen yang mampu menyerap sinar matahari dan physical sunscreen, yang bekerja dengan menghalangi seluruh sinar matahari. Physical sunscreen inilah, yang seringkali disebut sebagai sunblock. 

Sunscreen

Sunblock 

Chemical Sunscreen

Physical Sunscreen

Tekstur lebih ringan dan mudah menyerap 

Tekstur padat, kental dan cenderung lengket 

Melindungi kulit dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, yang kemudian dilepaskan dari kulit

Melindungi kulit dengan memantulkan sinar UV dari kulit 

Baru aktif bekerja setelah 20-30 menit diaplikasikan di kulit

Langsung aktif bekerja melindungi kulit setelah diaplikasikan di kulit

Tidak meninggalkan whitecast, namun rentan menyumbat pori

Meninggalkan whitecast, namun tidak menyumbat pori


 

Terdiri dari Kandungan yang Berbeda 

Selain berbeda dari namanya, perbedaan sunscreen (chemical sunscreen) dan sunblock (physical sunscreen) juga dapat diidentifikasi dari masing-masing kandungannya yang berbeda. Pada umumnya, chemical sunscreen terdiri dari bahan kimia aktif yang berfungsi untuk mengurangi penyerapan radiasi UV ke kulit. Kandungan tersebut di antaranya Ethylhexyl, Butylene Glycol, Methyl Methacrylate Crosspolymer, dan bahan kimia lainnya. Sedangkan sunblock atau saat ini lebih sering disebut dengan physical sunscreen terdiri dari kandungan mineral seperti Titanium dioxide dan Zinc oxide yang berfungsi untuk menghalangi radiasi dari sinar UV agar tidak menyerap di kulit. 

Selain memiliki kandungan yang berbeda, chemical sunscreen dan physical sunscreen juga memiliki perbedaan pada teksturnya. Pada umumnya, chemical sunscreen memiliki tekstur yang lebih ‘ringan’ dibandingkan physical sunscreen sehingga lebih cepat menyerap di kulit, dan tidak meninggalkan whitecast seperti physical sunscreen pada umumnya.

 

Manfaat Chemical Sunscreen dan Physical Suncreen bagi Kulit 

Perbedaan chemical sunscreen dan physical sunblock selanjutnya dapat dilihat dari manfaat dan fungsi masing-masing yang diberikan kepada kulit. Meskipun sama-sama memiliki tujuan untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun, cara proteksi yang diberikan berbeda, lho. Pertama, chemical sunscreen yang pada umumnya berbentuk lotion cair akan menyerap ke dalam kulit begitu diaplikasikan dan akan bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Pada saat terpapar oleh sinar UV, sunscreen yang telah terserap di kulit akan menyerap sinar UV sebelum mencapai ke lapisan kulit berikutnya dan merusaknya. Namun, dikarenakan tekstur sunscreen yang lebih tipis dan cair dibandingkan physical sunscreen, chemical sunscreen tidak dapat mencegah seluruh sinar UV masuk ke dalam lapisan kulit, sehingga masih tetap akan ada sebagian sinar UV yang terserap oleh tubuh. Oh ya, dikarenakan terdiri dari kandungan yang membutuhkan waktu agar terserap oleh kulit, chemical sunscreen perlu diaplikasikan maksimal 20 menit sebelum melakukan aktivitas. Seringkali, sunscreen hanya dianjurkan untuk dikenakan pada aktivitas sehari-hari dan tidak direkomendasikan dikenakan ketika melakukan olahraga seperti berlari, berenang ataupun diving. 

Kedua, physical sunscreen yang memiliki tekstur lebih kental dibandingkan chemical sunscreen akan membangun lapisan di atas permukaan kulit, yang berperan sebagai ‘tembok’ penghalau sinar UV agar tidak menembus kulit. Proteksi yang diberikan oleh physical sunscreen dinilai lebih kuat dibandingkan chemical sunscreen. Hal inilah yang membuat tekstur physical sunscreen pada umumnya lebih padat dibandingkan chemical sunscreen dan seringkali meninggalkan whitecast di kulit. Proteksi physical sunscreen yang lebih kuat dibandingkan chemical sunscreen, menjadikan physical sunscreen atau sunblock dianjurkan dikenakan ketika berpergian ke pantai, melakukan aktivitas air seperti berenang, diving, dan lainnya. 

 

ANESSA Beauty Sunscreen: Hybrid Sunscreen, Perpaduan antara Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen untuk Perlindungan Maksimal

Perbedaan sunscreen dan sunblock yang cukup signifikan khususnya pada kemampuannya melindungi kulit dari sinar UV seringkali membuat kita bingung, mana yang lebih baik? Perlindungan tidak maksimal namun memiliki tekstur yang mudah menyerap dan tidak meninggalkan whitecast, atau perlindungan yang lebih besar namun lengket di kulit, dan meninggalkan whitecast. 

Kabar baiknya, kini ANESSA Beauty Sunscreen, sunscreen No. 1 di Jepang selama 19 tahun berturut-turut hadir di Indonesia! ANESSA Beauty Sunscreen merupakan hybrid sunscreen, yaitu sunscreen yang bekerja sebagai chemical sunscreen dan physical sunscreen di waktu yang sama. Sebagai hybrid sunscreen, ANESSA Beauty Sunscreen akan memberikan proteksi maksimal terhadap kulit dari sinar UV  dengan tekstur yang ringan dan cepat diserap oleh kulit di waktu yang sama. Formula ANESSA Beauty Sunscreen telah melewati 100+ Years Innovative UV Research yang dilakukan oleh Shiseido, menjadikan ANESSA Beauty Sunscreen sebagai hybrid sunscreen pertama dengan Triple Technology Defense di dunia. 
Dengan kandungan Triple Defense Technology, ANESSA Beauty Sunscreen dapat memberikan perlindungan UV yang akan semakin kuat ketika terpapar air, keringat, dan air. Ditambah lagi, ANESSA Beauty Sunscreen juga memiliki formula yang nyaman, ringan dan mudah terserap oleh kulit, yang juga dapat digunakan sebagai base makeup. Hal ini menjadikan ANESSA Beauty Sunscreen sebagai pilihan tepat untuk melindungi kulit dari sinar UV di segala aktivitas. Kamu bisa melakukan aktivitas indoor ataupun outdoor, hingga berolahraga mulai dari berlari, berenang hingga diving dan tetap terlindungi dari sinar UV dengan menggunakan ANESSA Beauty Sunscreen. Jadi, gak perlu bingung lagi, deh, pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen. Karena kini, kamu bisa memilih perpaduan fungsi terbaik di antara keduanya dengan ANESSA Beauty Sunscreen, hybrid sunscreen pertama di dunia dengan Triple Defense Technology!