27 April 2021

Harus Tau! Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen untuk Kulitmu!

Kita bisa saja kebingungan memilih, sebab sudah banyak produk moisturizer yang disertakan SPF dan produk sunscreen yang disertakan moisturizer. Namun, sebelum memilih ada baiknya kita mengetahui pengertian dan manfaat masing-masingnya terlebih dahulu. Pastikan kamu simak artikel ini hingga habis untuk tau perbedaan dari moisturizer dan sunscreen!

 

Pengertian dan Fungsi Sunscreen dan Moisturizer

Dari banyaknya urutan penggunaan skincare, mengaplikasikan sunscreen dan moisturizer mungkin adalah dua step yang paling membingungkan. Apakah moisturizer sudah melindungi kulit dari sinar UV? Apakah menggunakan sunscreen perlu dibarengi dengan moisturizer? Untuk mengetahuinya secara lengkap, ada baiknya jika mengetahui kedua fungsi dari dua skincare ini terlebih dahulu.

  • Sunscreen

Produk skincare yang juga dikenal dengan nama tabir surya ini memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sunscreen sendiri terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu chemical, physical dan hybrid sunscreen yang ketiganya dilengkapi dengan bahan aktif berfungsi sebagai filter UV untuk mencegah masuknya sinar UV ke dalam kulit.

  • Moisturizer

Moisturizer atau juga dikenal dengan pelembap wajah adalah skincare yang umumnya berbentuk krim atau gel dan berfungsi untuk menjaga kelembapan serta tekstur wajah. Namun, moisturizer tidak dapat melindungi kulit dari sinar UV seperti sunscreen. Hal inilah yang menjadikan munculnya inovasi berupa moisturizer dengan SPF dengan klaim mampu melembapkan wajah dan melindungi kulit dari sinar matahari di saat yang sama. Hmm apakah benar? Cari tahu jawabannya pada poin berikutnya, ya.

 

Apakah Penggunaan Moisturizer dengan SPF saja cukup?

Hingga saat ini, banyak inovasi yang telah dikembangkan dalam dunia skincare, salah satunya moisturizer yang dilengkapi dengan SPF. Munculnya moisturizer dengan SPF di dalamnya diharapkan dapat mempersingkat step skincare yang dilakukan, khususnya pada siang hari, dengan klaim dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

 

Namun, penelitian yang dilakukan oleh beberapa dermatologis di Inggris yang dipresentasikan dalam British Association of Dermatologists’ Annual Conference di tahun 2018 menyimpulkan bahwa moisturizer dengan SPF tidak memiliki perlindungan pada level sama yang dimiliki oleh sunscreen. Lebih lanjut, para dermatologis juga tidak menyarankan untuk menggantikan posisi sunscreen dengan moisturizer ber-SPF pada rutinitas skincare setiap hari. Hal ini didukung dengan uji coba foto menggunakan teknologi lensa infrared yang dilakukan oleh para dermatologis tersebut:

 

  • Pada uji coba foto, dilakukan pengambilan foto menggunakan kamera infrared dengan dua sampel: satu adalah kulit wajah yang menggunakan moisturizer ber-SPF dan wajah menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50.
  • Hasil foto menunjukkan bahwa kulit yang menggunakan moisturizer ber-SPF terlihat lebih gelap dibandingkan dengan kulit wajah yang menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 50. Hal ini menunjukkan proteksi yang diberikan oleh sunscreen SPF 50 jauh lebih baik dengan moisturizer ber-SPF.

 

Selain melakukan uji foto pada sunscreen dan moisturizer ber-SPF menggunakan kamera infrared, para dermatologis di konferensi tersebut juga menyarankan bahwa mengaplikasikan ulang moisturizer ber-SPF setiap 2 jam sekali tidak mampu melindungi kulit dengan baik layaknya sunscreen. Jadi, sudah jelas ya, menggunakan moisturizer dengan SPF saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari Sinar UVA dan UVB? Kamu masih membutuhkan sunscreen dengan tingkat proteksi yang baik, agar kulit benar-benar terhindar dari kerusakan kulit akibat sinar UV.

 

Penggunaan Sunscreen dan Moisturizer yang benar dalam Skincare Routine

Menggunakan sunscreen dan moisturizer memang sama pentingnya, agar kulit kita tetap terlindungi dari sinar matahari dan lembap di saat yang sama. Untuk mengaplikasikan keduanya, kamu bisa mengawali rutinitas skincare kamu dengan double cleansing, mengaplikasikan toner, serum wajah, moisturizer, lalu terakhir sunscreen dan bisa kamu lanjutkan dengan mengaplikasikan makeup setelahnya. Namun, ada kabar baik untuk kamu yang ingin memiliki rutinitas skincare yang simpel, tanpa mengurangi nutrisi yang mampu diberikan oleh produk skincare yang kamu gunakan! Jawabannya adalah dengan memilih ANESSA Beauty Sunscreen, sebagai sunscreen andalan kamu. Kenapa? Simak jawabannya di bawah ini, ya!

 

Teknologi ANESSA Sunscreen dengan Moisturizer dan Skincare Ingredients

ANESSA Beauty Sunscreen merupakan sunscreen No. 1 di Jepang selama 20 tahun berturut-turut, yang diformulasikan dengan bahan-bahan premium di dalamnya, termasuk skincare ingredients. Ya, ANESSA Beauty Sunscreen dilengkapi dengan 50% Skincare Ingredients yang tidak hanya akan melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar UV, namun juga merawat kulit di saat yang sama. Apa saja 50% Skincare Ingredients tersebut?

 

  • Super Hyaluronic Acid yang mampu melembapkan kulit dengan ekstra
  • Collagen yang dapat membuat kulit lebih elastis, kenyal, dan samar dari kerutan halus sehingga tampak awet muda
  • Yellow Flower Extract, kandungan yang mampu mencegah membesarnya pembuluh darah yang bisa sebabkan penuaan dini pada kulit
  • Kyoto Green Tea Extract, kandungan yang kaya akan antioksidan untuk mencegah radikal bebas pada kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini serta berbagai masalah kulit seperti bruntusan, jerawat, dan iritasi
  • Glycerin berfungsi mempertahankan kelembapan dan menghaluskan kulit

 

Itu dia beberapa skincare ingredients yang terkandung di dalam ANESSA Beauty Sunscreen. Nggak heran, jika ANESSA Beauty Sunscreen mampu merawat kulitmu di saat yang sama, serta tidak hanya berperan sebagai sunscreen, namun juga moisturizer. Jadi, kamu bisa membuat rutinitas skincare kamu lebih simpel, namun tetap memiliki kulit yang radiant, deh! So, what are you waiting for? Let’s keep shining today and in the future, with the best skinvestment ever, ANESSA Beauty Sunscreen!