13 August 2021

Hindari Penyebab Pori-Pori Membesar dan Akibatnya dengan Pakai Sunscreen!

Pori-pori adalah lubang kecil di bagian atas folikel rambut kita yang menutupi seluruh tubuh. Pori-pori memiliki tugas  untuk melepaskan sebum, yaitu minyak alami tubuh kita agar kulit senantiasa lembab dan kenyal. Namun, jika pori-pori terlalu lebar dapat juga menimbulkan ragam masalah kulit lainnya. Ketahui selengkapnya dalam artikel ini!

 

 

Penyebab Pori-Pori Kulit Wajah Membesar

Sebagian dari kamu mungkin belum tahu kalau penyebab pori-pori membesar memiliki ragam faktor. Nah, berikut adalah beberapa faktor yang perlu kamu ketahui:

  • Genetik

Gen Anda adalah faktor yang bisa memengaruhi ukuran pori-pori. Orang dengan pori-pori besar sering memiliki anggota keluarga dengan pori-pori besar.

  • Usia

Bertambahnya usia dapat menjadi faktor kulit kamu kehilangan elastisitasnya. Hal ini kemudian menyebabkan kekendurann yang juga akan menjadi penyebab pori-pori membesar. Lebih dari itu, penebalan kulit yang bertambah seiring kamu menua akan menjadikan sel kulit dengan ukuran kecil berkumpul di sekitar pori-pori.

  • Pori-pori tersumbat

Kelebihan jumlah minyak dan sel kulit mati yang berkumpul di pori-pori juga dapat menyebabkan pori-pori tampak lebih besar dari biasanya.

  • Paparan sinar UV

Paparan sinar matahari  memang memiliki banyak risiko, apa lagi jika kamu tidak mengenakan proteksi dan berlangsung sampai menahun. Paparan ini kemudian menyebabkan permasalahan pada ketebalan kulit sampai rusaknya skin barrier yang nantinya menjadi alasan pori-pori kulitmu yang tadinya normal akan mengalami pembesaran. Jika dialami secara berkepanjangan, hal ini juga dapat menghilangkan kolagen, elastin dan air dari kulit kamu lho. Pada akhirnya, jaringan di bawah kulit menyusut dan menarik tepi pori-pori. Kalau sudah begitu, kulit kamu akan mengendur dan terlihat lebih besar.

 

Dari beberapa penyebab di atas, ternyata masih ada upaya yang bisa kita lakukan untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin timbul dari kondisi kulit ini, kok. Walau genetika dan usia tidak bisa dimungkiri, namun untuk meminimalkan risiko kita masih bisa melakukan perbaikan pada rutinitas skincare kita, yaitu dengan menggunakan sunscreen setiap hari. Penggunaan sunscreen yang teratur mampu menangkal pembesaran pori-pori yang disebabkan oleh paparan sinar matahari juga menghindarkan kamu dari efek berbahaya lainnya akibat radiasi sinar UV.

 

Akibat Lanjutan dari Besarnya Pori-Pori Pada Wajah

Bahaya paparan sinar matahari terhadap kesehatan kulit, memang akan besar dirasakan. Mulai dari ketebalan kulit, merusak skin barrier, juga menyebabkan produksi minyak yang tidak terkontrol. Kelebihan minyak dan sel kulit mati pada kulit ini lah yang menyebabkan membesarnya pori-pori. Bahkan bukan hanya karena usia dan gen saja, semua ragam jenis kulit mulai dari berminyak, normal, atau kering, bisa memiliki risiko terbukanya pori-pori. Memangnya ada kecenderungan apa aja sih kalau pori-pori terbuka? Hal ini bisa membuat kulit kamu terlihat kusam, apalagi jika tersumbat oleh kotoran, bakteri, minyak, atau sel kulit mati. Kalau sudah tersumbat, ini bisa berubah menjadi komedo hitam atau putih dan bisa saja mengganggu penampilan atau kenyamanan kamu.

 

Kamu pastinya nggak mau kan merasa tidak nyaman dengan kulit sendiri? Nah, akibat dari penyumbatan ini akan lebih mudah terjadi pada kulit remaja dan orang dewasa yang rentan berjerawat. Selain itu, kulit menua juga mengandung lebih sedikit kolagen sehingga pori-pori mudah terlihat lebih besar dan terbuka. Sebenarnya, pori-pori tidak bisa dibuka, ditutup, atau dibuat lebih kecil. Dengan begitu, kamu hanya bisa melakukan pembersihan mendalam untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran. Tapi, jangan khawatir ada kok hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Simak di poin selanjutnya, ya!

 

Cara Meminimalkan Penyebab Pori-Pori Membesar

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan penyebab pori-pori membesar yaitu:

1. Mencuci wajah setiap hari

Kotoran dan minyak bisa dibersihkan dengan sabun pencuci wajah. Ketika memilih sabun, kamu harus menyesuaikan dengan jenis kulit, ya!

2. Exfoliation atau pengangkatan sel kulit mati

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah pengangkatan sel kulit mati dari lapisan kulit atas. Cara ini bisa membantu kulit kamu menjadi lebih cerah dan memiliki tekstur yang lebih halus. Kalau kamu rutin membuang sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, pori-pori kamu tidak akan terlihat lebih lebar dan besar.

3. Penggunaan moisturizer

Cara ketiga adalah menggunakan moisturizer untuk melembabkan kulit. Penggunaan moisturizer setiap hari bisa mengurangi kemungkinan berkembangnya kulit kering atau berminyak. Dengan begini, jerawat tidak mudah muncul.

4. Penggunaan sunscreen

Cara yang terakhir untuk meminimalkan pembesaran pori-pori adalah penggunaan sunscreen. Penggunaan sunscreen adalah suatu keharusan. Paparan sinar matahari bisa membuat pori-pori meregang dan mengendur di sekitar tepinya.

 

Anessa Sunscreen with Broad Spectrum Protection

Anessa Sunscreen adalah Sunscreen no.1 di Jepang yang tepat untuk meberikan proteksi dari  penyebab pori-pori membesar yang kamu alami dan merupakan Broad Spectrum Sunscreen yang melindungi kulit dari risiko paparan UVA juga UVB sekaligus. Produk ini bisa melindungi kamu dari sinar UV dengan bahan khusus yang semakin kuat saat terpapar matahari, air, dan keringat. Anessa Sunscreen adalah produk pertama di dunia dengan bahan utama PEG/PPG-14/7 dimethyl ether, stearic acid, dan PEG/PPG-9/2 dimethyl ether yang bertjuan memfasilitasi bahan UV-cut. Bahan-bahan ini bisa menyebar ke dasar kulit ketika bersentuhan dengan keringat, air, dan panas matahari. Selain itu, ANESSA Sunscreen diformulasikan dengan lapisan yang memiliki teknologi rubbing-resistant khusus, jadi kamu nggak perlu worry perlindungannya akan memudar saat beraktivitas dan terkena gesekan baju atau keringat. Di dalam ANESSA Sunscreen, terdapat juga kandungan teknologi anti air atau keringat yang teruji dan bisa bertahan di dalam kolam renang selama 80 menit.

 

Kalau kamu sudah selesai menggunakannya, produk ini mudah dibilas dengan sabun dan bisa tetap menjaga kelembutan kulit. Produk ini cocok banget untuk kamu pakai sehari-hari karena Anessa Sunscreen mengandung 50% bahan-bahan skincare sehingga nyaman, lembut, dan tidak lengket di kulit. Selain membantu masalah pori-pori, ANESSA Sunscreen juga bisa melindungi kamu dari skin aging yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Jangan lupa juga untuk menggunakannya setiap hari agar perlindungannya optimal, ya! Sebab setiap hari adalah waktu yang dianjurkan untuk menggunakan sunscreen!