10 February 2021

5 Kandungan Sunscreen yang Berbahaya dan Harus Dihindari

 

Pemakaian sunscreen memang disarankan untuk dilakukan setiap hari, karena sunscreen memiliki manfaat baik yang bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Tapi ternyata, pemilihan sunscreen yang tepat juga harus diperhatikan, lho! Dalam memilih sunscreen, kamu perlu berhati-hati karena terdapat beberapa kandungan kimia yang berbahaya bagi kulit. Kamu bisa mempercayakan ANESSA Beauty Sunscreen karena selain mampu melindungi kulit secara maksimal, ANESSA juga diformulasikan dengan kandungan premium yang aman bagi kulit, serta telah melalui UV Research selama lebih dari 100 tahun di bawah Shiseido Group. 

 

Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui apa saja kandungan sunscreen yang berbahaya bagi kulit, di bawah ini! 

 

Oxybenzone 

Kandungan sunscreen yang berbahaya pertama adalah Oxybenzone. Bahan kimia ini, merupakan salah satu kandungan kimia yang perlu diwaspadai berdasarkan US Food and Drugs Administration (FDA) pada situs resminya. 

 

Oxybenzone merupakan zat kimia yang dipercaya dapat menyerap sinar UVB ke dalam kulit, serta bahan aktif yang paling sering ditemukan pada chemical sunscreen. Zat ini akan mengalami reaksi kimia ketika kulit terpapar sinar matahari, memberikan efek alergi kulit yang dapat menyebar pada kulit. Selain itu, terdapat beberapa dampak negatif Oxybenzone lainnya. Apa aja sih, dampak buruk dari Oxybenzone ini? 

  • Endocrine Disruptors: Kondisi di mana zat Oxybenzone mempengaruhi hormon di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kanker, gangguan kehamilan, dan bahkan menghambat pertumbuhan janin. 

  • Photoallergen: Selain dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh, penggunaan sunscreen dengan kandungan Oxybenzone juga dapat menyebabkan kemerahan, gatal dan alergi pada kulit yang sensitif.

  • Memproduksi radikal bebas yang justru membuat kolagen pada kulit melemah, sehingga menyebabkan penuaan dini pada kulit. 

Selain Oxybenzone, masih ada empat kandungan sunscreen yang berbahaya menurut FDA yang perlu kamu perhatikan. Lebih lengkapnya, baca artikel ini sampai habis, ya!

 

 

Octinoxate

Selanjutnya, Octinoxate merupakan kandungan sunscreen yang berbahaya kedua, yang perlu kamu perhatikan. Sama dengan Oxybenzone, Octinoxate juga merupakan zat yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tapi ternyata, bahan ini justru menimbulkan lebih banyak efek buruk bagi kulit dan tubuh, dibandingkan dengan manfaatnya yang dapat diberikan pada kulit. Berikut dampak buruk yang dapat kamu rasakan, ketika kulit menggunakan sunscreen dengan zat kimia satu ini: 

  • Endocrine Disruptors: Sama dengan Oxybenzone, kandungan Octinoxate juga dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh yang menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh. 

  • Octinoxate juga dapat memicu produksi radikal bebas bagi kulit yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit. 

  • Selain menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, Octinoxate bersifat tidak ramah lingkungan, karena tidak menyatu di dalam air dengan mudah, dan sulit direduksi oleh tubuh. 

 

 

Avobenzone 

Kandungan sunscreen yang berbahaya bagi kulit selanjutnya adalah Avobenzone. Kandungan kimia ini berfungsi membuat sunscreen menjadi lebih stabil ketika kulit terpapar oleh sinar UV, dengan cara memblokir sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Meskipun demikian, Avobenzone juga dapat berbahaya bagi kulit, lho. 

  • Kandungan Avobenzone dapat memicu dermatitis pada pengguna yang memiliki alergi pada kandungan ini 

  • Kandungan Avobenzone dapat berinteraksi dengan klorin yang sering ditemukan pada kolam renang dan dapat memicu kerusakan hati, ginjal, dan saraf dalam jangka panjang

  • Jika terkena sinar matahari, kandungan Avobenzone dapat menghasilkan pelepasan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker 

Itu dia ketiga dampak buruk bagi tubuh yang dapat disebabkan oleh Avobenzone. Selanjutnya, masih ada dua kandungan sunscreen yang berbahaya, yang wajib kamu perhatikan. Simak terus, ya! 

 

Retinyl Palmitate

Kandungan sunscreen yang berbahaya bagi tubuh selanjutnya adalah zat turunan dari Vitamin A, yaitu Retinyl Palmitate. Meskipun merupakan turunan dari vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, Retinyl Palmitate yang ditemukan pada produk sunscreen juga dapat memberikan banyak dampak buruk bagi kulit dan tubuh. Karena kandungan ini memiliki risiko yang cukup tinggi, ketika terpapar oleh sinar matahari. 

  • Senyawa retinol pada Retinyl Palmitate dapat pecah ketika kulit terpapar oleh sinar matahari. Fenomena ini kemudian dapat memproduksi radikal bebas yang mampu meracuni sel, merusak DNA, hingga menyebabkan kanker. 

  • Retinyl Palmitate juga dapat mempercepat pertumbuhan sel jahat dan tumor kulit ketika digunakan pada kulit sebelum terpapar sinar matahari. 

Selain menimbulkan dampak negatif pada kulit seperti mempercepat penuaan dini dan berisiko memunculkan alergi, zat kimia berbahaya seperti Retinyl Palmitate juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh, yang mampu meningkatkan risiko kanker. Jadi, sebaiknya, dihindari ya!

 

Homosalate

Kandungan sunscreen yang berbahaya bagi tubuh terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah Homosalate. Berbeda dengan zat kimia sebelumnya, Homosalate digunakan dalam sunscreen dengan tujuan untuk membantu proses penyerapan sunscreen pada kulit. Tapi, ketika sudah menyerap ke dalam kulit, zat kimia ini justru dapat berdampak negatif. Hal ini dikarenakan zat Homosalate dapat mengakibatkan peningkatan kandungan pestisida dalam tubuh. Nah, peningkatan kandungan pestisida dalam tubuh ini juga tentunya memiliki banyak efek buruk bagi tubuh kita, seperti: 

  • Menyebabkan penurunan hormon pertumbuhan pada anak apabila zat ini masuk ke dalam aliran air susu ibu. 

  • Mengacaukan hormon tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit. 

  • Mengacaukan metabolisme tubuh yang juga dapat memicu berbagai penyakit. 

Nah, itu dia lima kandungan sunscreen yang berbahaya bagi tubuh. Selain dapat menimbulkan kerusakan kulit, kelima kandungan di atas juga dapat memicu berbagai penyakit yang tentunya memiliki dampak buruk terhadap tubuh. 


So, be wise choosing your sunscreen, ya! Karena memperhatikan penggunaan sunscreen tidak hanya seputar bagaimana perlindungannya terhadap sinar UV, tapi juga apakah sunscreen tersebut dapat berdampak buruk bagi tubuh atau tidak. Untungnya, kamu bisa memiliki ANESSA Beauty Sunscreen sebagai pelindung kulit dari sinar UV. ANESSA Beauty Sunscreen merupakan hybrid sunscreen yang diformulasikan dengan bahan premium serta 50% Skincare Ingredients yang bermanfaat bagi kulit, dan dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. With ANESSA, you can keep shining under the sun without worry at all!