08 July 2021

Kenapa Harus Pakai Sunscreen di Rumah? Ini Dia Jawabannya!

Pakai sunscreen di rumah mungkin belum menjadi kebiasaan kebanyakan orang, namu sebenarnya tetap dibutuhkan. Mengapa? Saat kamu duduk di dekat jendela — atau di depan layar komputer — kamu sesungguhnya mengekspos diri pada cahaya matahari yang berpotensi merusak kulit. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

 

Persebaran Radiasi Sinar UV

Mungkin, menggunakan sunscreen hanya terkenal dilakukan saat cuaca sedang terik atau jika kita hendak pergi ke pantai. Padahal, menggunakan sunscreen setiap saat termasuk saat beraktivitas di rumah saja tetap penting dilakukan setiap hari, meskipun cuaca di luar sedang berawan/mendung.

 

Menggunakan sunscreen meskipun hanya beraktivitas di rumah saja bukan diwajibkan tanpa alasan. Sejak lama, para dermatologis terus menerus menganjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap hari meskipun berkegiatan di dalam ruangan. Pasalnya, sinar UV yang dipancarkan oleh matahari mampu menembus lapisan awan bahkan sela-sela jendela dan pintu di rumah kita. Jadi, meskipun kita berada di dalam ruangan, kulit masih memiliki risiko terpapar oleh radiasi UV. Pada dasarnya, ada dua cara kulit dapat terpapar oleh sinar UV, yaitu:

  • Paparan Langsung

Cara pertama bagaimana kulit dapat terpapar oleh sinar UV adalah dengan paparan langsung. Meskipun beraktivitas di dalam ruangan, kulit kita masih dapat terpapar langsung oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Umumnya, paparan langsung didapatkan saat kita beraktivitas di dekat jendela yang membuat paparan sinar UV masuk lebih banyak dibandingkan dengan ruang yang tertutup.

  • Paparan Tidak Langsung

Mungkin, beberapa spot atau sudut di rumah kamu menjadi tempat yang lebih teduh dibandingkan dengan  sudut rumah dengan jendela besar yang dapat menerima cahaya matahari secara langsung. Namun, kulit juga masih dapat paparan sinar UV tidak langsung. Hal ini dikarenakan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari dapat dipantulkan kembali lewat air, kaca atau pun cermin. Sehingga, masih ada risiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV, meskipun tidak sebesar risiko saat kulit mengalami paparan langsung.

 

Jadi, memang sangat penting ya, menggunakan sunscreen meskipun kamu sedang beraktivitas di rumah/dalam ruangan! Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara tropis dan matahari bersinar terik hampir sepanjang tahun.  Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indeks UV di Indonesia sangatlah tinggi dengan risiko haya tinggi-bahaya sangat ekstrem terhitung sejak pukul 11.00 - 16.00 WIB setiap harinya.

 

Bahaya Radiasi UVA dan UVB

Apa saja sih, bahaya yang bisa dialami kulit ketika kulit terpapar oleh sinar UVA dan UVB? Meskipun keduanya memiliki panjang gelombang yang berbeda, dampak sinar UVA dan UVB tetap berbahaya bagi kulit.

  • Sinar UVA

Sinar UVA adalah jenis radiasi yang dipancarkan oleh matahari dengan panjang gelombang sekitar 315 - 400nm. Karena sifat panjang gelombang yang dimiliki, sinar UVA mampu menembus ke lapisan terdalam kulit (dermis) dan menjadi salah satu faktor terbesar kulit mengalami penuaan dini. Beberapa dampak buruk dari sinar UVA bagi kulit adalah kulit kendur, muncul kerutan atau garis halus pada kulit, penuaan dini, serta merusak DNA pada kulit yang bisa dapat sebabkan kanker kulit.

  • Sinar UVB

Jenis sinar UV yang dipancarkan oleh matahari lainnya adalah sinar UVB. Berbeda dengan sinar UVA, sinar UVB memiliki panjang gelombang yang lebih pendek yaitu 280 - 325nm sehingga hanya mampu merusak kulit hingga ke lapisan terluar kulit (epidermis). Meskipun demikian, sinar UVB juga dapat merusak kulit, efeknya di antara lain adalah kulit terbakar, kulit kemerahan dan iritasi, dan menyebabkan hiperpigmentasi (warna kulit tidak merata).

 

Beragam Aktivitas Rumahan yang Terekspos Radiasi Sinar UV

Mungkin selama ini, kamu banyak beraktivitas di rumah dengan santai tanpa menggunakan sunscreen. Padahal, tanpa kita sadari, sinar UV masih dapat menyinari kulit kita dan memberikan dampak buruk meskipun kita beraktivitas di dalam ruangan. Berikut beberapa contoh aktivitas yang tanpa kita sadari, kulit tetap terekspos oleh sinar uV:

  • Membersihkan ruangan
  • Bekerja dari rumah (Work From Home)
  • Membaca buku di ruang tamu/kamar
  • Menjemur pakaian
  • Mengambil paket
  • Dan lainnya

Semua aktivitas yang kamu lakukan di dalam ruangan, tetap memiliki risiko sinar UV. Hal ini karena sinar UV mampu menembus jendela, celah pintu, dan dapat terpantul melalui air dan pasir. Bahkan, menurut penelitian, setiap minggunya kulit terpapar oleh sinar UV dari matahari selama 840 menit meskipun hanya beraktivitas di dalam ruangan. Jadi, menggunakan sunscreen meskipun di rumah saja dan cuaca sedang mendung tetap perlu dilakukan, ya.

 

ANESSA Sunscreen: Protect You All the Time!

Salah satu alasan mengapa banyak orang masih malas menggunakan sunscreen, terutama saat beraktivitas di rumah saja/di dalam ruangan adalah tekstur dari mayoritas sunscreen yang lengket dan tidak nyaman di kulit. Untungnya, ANESSA Beauty Sunscreen, tabir surya No. 1 di Jepang selama 20 tahun berturut-turut kini sudah hadir di Indonesia!

 

ANESSA Beauty Sunscreen hadir untuk memberikan perlindungan maksimal bagi kulit di segala aktivitas apa pun yang kamu lakukan. Tapi, kenapa harus ANESSA Beauty Sunscreen? Berikut beberapa kelebihan ANESSA Beauty Sunscreen yang tidak dimiliki oleh sunscreen lainnya!

 

1. Tekstur yang ringan dan nyaman di kulit

ANESSA Beauty Sunscreen hadir di Indonesia dengan empat varian yang memiliki 3 tekstur berbeda. Tekstur tersebut adalah milk, gel dan spray. Meskipun memiliki tiga tekstur berbeda, seluruh varian ANESSA Beauty Sunscreen sangat ringan dan cepat menyerap di kulit tanpa menimbulkan whitecast dan memunculkan minyak berlebih (greasy feeling) pada kulit. Sehingga, ANESSA Beauty Sunscreen sangat nyaman digunakan sepanjang hari tanpa mengganggu aktivitas yang kamu lakukan. Jadi, kamu bisa beraktivitas di rumah saja dan terlindungi dari sinar UV di saat yang sama tanpa rasa lengket dan tidak nyaman, deh!

 

2. Perlindungan maksimal dengan Triple Defense Technology

Salah satu keunggulan ANESSA Beauty Sunscreen adalah kemampuannya untuk melindungi kulit secara maksimal. Tidak hanya dilengkapi dengan SPF 50+ dan PA++++, ANESSA Beauty Sunscreen memiliki Triple Defense Technology terdiri dari Thermo Booster Technology, Aqua EX Booster Technology dan Super Waterproof Technology. Ketika teknologi ini akan memberikan perlindungan semakin kuat dan merata ketika kulit terpapar panas (Thermo Booster Technology), air dan keringat (Aqua EX Booster Technology) serta tidak akan luntur meskipun kulit terkena air dan keringat (Super Waterproof Technology).

 

3. Diformulasikan dengan skincare ingredients  

Siapa bilang ANESSA Beauty Sunscreen hanya mampu melindungi kulit dari sinar UV dengan maksimal? Selain hal tersebut, ANESSA Beauty Sunscreen juga diformulasikan dengan bahan-bahan skincare seperti Uji Green Tea dari Kyoto yang kaya akan antioksidan, Yellow Flower Extract, Collagen, Super Hyaluronic Acid dan lainnya. Seluruh bahan skincare dalam ANESSA mampu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV yang dapat sebabkan penuaan dini, menjaga kulit tetap lembap, kenyal dan awet muda.

 

So, tidak ada alasan lagi untuk skip sunscreen meskipun kamu hanya beraktivitas di rumah, ya! Karena kulit masih harus pakai sunscreen di rumah untuk dapatkan perlindungan yang optimal dan terhindar dari penuaan dini. Kamu bisa percayakan ANESSA Beauty Sunscreen yang tersedia di berbagai e-Commerce dan secara offline di Watsons, Sociolla, AEON atau pun Grand Lucky SCBD. Ready to start your day with ANESSA?