05 April 2021

Jangan Bimbang, Ini Cara Memilih Sunscreen yang Sesuai!

Sebagai salah satu skincare yang paling penting untuk diaplikasikan, jangan sampai kamu memilih sunscreen yang tidak tepat untuk kulitmu. Maka dari itu, pastikan kamu selalu memperhatikan ketiga hal ini agar manfaat yang diberikan sunscreen pada kulit dapat didapatkan dengan maksimal. Baca panduan lengkapnya pada artikel ini, yuk!

 

 

Ketahui Fungsi dalam Sunscreen

Yes, manfaat keseluruhan pada sunscreen memang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Tapi, tahukah kamu jika sinar UV yang dipancarkan oleh matahari terbagi ke dalam dua jenis, yaitu sinar UVA dan UVB? Dua jenis sinar UV yang berbeda ini, mampu berikan dampak buruk bagi kulit yang berbeda pula. Lebih jelasnya sebagai berikut: 

  • Sinar UVA mampu menembus ke dalam lapisan terdalam kulit dapat memberikan efek buruk jangka panjang bagi kulit seperti munculnya sunspot, kulit kering dan kasar tanda penuaan dini dan juga risiko kanker kulit. 

  • Sinar UVB yang hanya memberikan radiasi pada permukaan kulit dapat memberikan efek buruk yang bisa dirasakan langsung, seperti kulit yang menghitam dan terbakar, hiperpigmentasi pada kulit, dan kulit yang terlihat kusam. 

 

Untuk menghindari seluruh efek buruk yang diberikan oleh sinar UVA dan UVB, penting banget bagi kamu untuk mengetahui kandungan sunscreen di dalamnya yang berfungsi sebagai filter UV (kemampuan suatu bahan dalam menangkal sinar UV bagi kulit). Karena, beberapa sunscreen biasanya hanya mengandung filter UV yang melindungi kulit dari sinar UVA atau UVB saja. Berikut beberapa filter UV yang umum digunakan dalam sunscreen: 


 

UV Filter 

Perlindungan UVA & UVB 

Oxybenzone

Broad Spectrum (melindungi kulit dari UVA dan UVB) 

Zinc Oxide 

Broadest Spectrum (melindungi kulit dari UVA dan UVB tanpa efek samping bagi kulit) 

Octinoxate 

Melindungi kulit dari UVB 

Avobenzone 

Melindungi kulit dari UVB 


 

Bisa dilihat pada tabel di atas, bahwa terdapat filter UV yang hanya melindungi kulit dari sinar UVB, sehingga tidak termasuk ke dalam golongan broad spectrum dan kulit masih memiliki risiko terhadap efek jangka panjang yang diakibatkan oleh sinar UVA. Untuk mendapatkan perlindungan yang lengkap, kamu bisa memilih sunscreen dengan kandungan Zinc Oxide, karena dinilai sebagai filter UV yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB tanpa menimbulkan efek samping pada kulit, sehingga tetap aman.

 

 

Pertimbangkan Kadar SPF yang Kamu Butuhkan

Setelah memastikan sunscreen yang kamu pilih telah memiliki filter UV yang termasuk ke dalam broad spectrum, cara memilih sunscreen yang tepat bagi kulitmu selanjutnya adalah dengan melihat angka SPF pada produk sunscreen itu sendiri. Sun Protection Factor atau sering disingkat SPF merupakan angka penunjuk seberapa baik sunscreen yang kamu miliki dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Biasanya, SPF pada sunscreen memiliki angka berkisar SPF 15, SPF 30, dan SPF 50. Nah, untuk melindungi kulit dengan maksimal, kita dianjurkan memilih sunscreen dengan SPF 50. Kenapa SPF 50? Berikut penjelasannya: 

 

  • SPF 50 mampu menyaring 98% sinar UVB yang menyinari kulit hingga ke lapisan epidermis. Dengan SPF 50, sunscreen bisa menangkal 98 dari 100 foton (satuan radiasi dalam bahasa ilmiah) sinar UVB yang menyerap ke kulit untuk meminimalisir dampak buruk yang bisa diberikan oleh sinar UVB pada kulit. 

  • Berdasarkan penelitian, 1 SPF bisa melindungi kulit dari sinar UVB selama 10 menit. Jadi, dengan menggunakan sunscreen yang memiliki SPF 50, kamu bisa melindungi kulit selama 500 menit dari sinar UVB (Untuk perlindungan yang maksimal, tetap diperlukan reapply setiap 2 jam sekali sesuai dengan saran dermatologis) 

 

Oh ya, ada satu alasan lagi nih, kenapa kita perlu memilih sunscreen dengan angka SPF 50. Yaitu, karena kita tinggal di negara tropis yang memiliki intensitas matahari dengan indeks UV yang tinggi sepanjang tahun. Jadi, memang penting banget memilih sunscreen dengan perlindungan yang paling maksimal, agar kulit terhindar dari dampak buruk yang disebabkan oleh sinar UV.

 

 

Sesuaikan Kandungan Sunscreen  dengan Tipe Kulitmu

Memastikan bahwa sunscreen yang kita pilih memiliki perlindungan yang kuat terhadap sinar UV memang perlu. Tapi, terkadang, banyak yang lupa bahwa terdapat beberapa kandungan dalam sunscreen yang memiliki sifat kasar pada kulit sehingga menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan mulai dari kulit kemerahan, iritasi, dan munculnya ruam hingga gatal-gatal. Jadi, pastikan agar kamu memilih sunscreen dengan kandungan dan formula yang lembut di kulit, namun tetap memberikan perlindungan yang maksimal di saat yang sama, ya! 

 

Setelah mengetahui beberapa cara memilih sunscreen  di atas, kini saatnya kamu menentukan produk sunscreen apa yang kamu gunakan, nih! Tapi kamu nggak perlu bingung, karena kamu bisa memilih ANESSA Beauty Sunscreen, yaitu hybrid sunscreen No. 1 di Jepang selama 20 tahun berturut-turut. ANESSA Beauty Sunscreen diformulasikan dengan bahan-bahan utama yang dibutuhkan dalam chemical dan physical sunscreen yang telah disesuaikan kadarnya untuk kulit Asia, sehingga tetap lembut dan nyaman digunakan. Terlebih lagi, ANESSA diformulasikan dengan SPF50+ dan PA++++ serta dilengkapi dengan inovasi Thermo Booster Technology yang tidak dimiliki oleh sunscreen lain! Oh ya, ANESSA Beauty Sunscreen juga hadir dalam beberapa varian dan tekstur yang bisa kamu pilih sesuai preferensi kamu!

 

 

Spray, Lotion, atau Gel?

Saat ini, banyak jenis sunscreen dengan tekstur yang berbeda-beda. Mulai dari lotion, spray, atau gel, semua bisa dipilih sesuai dengan preferensi masing-masing. Begitu juga dengan ANESSA! ANESSA Beauty Sunscreen memiliki banyak seri sunscreen dengan tekstur yang berbeda-beda yang cocok untuk semua jenis kulit, dan bisa kamu pilih sesukamu. Nah, ini dia detail-nya! 

 

  • ANESSA Perfect UV Milk: hybrid sunscreen dengan konsistensi cair/milky dengan hasil akhir velvet matte pada kulit. ANESSA Perfect UV Milk memiliki proteksi yang paling kuat di antara varian ANESSA Beauty Sunscreen lainnya, karena dilengkapi dengan Triple Defense Technology. Varian yang satu ini cocok untuk semua jenis kulit, dan sangat direkomendasikan untuk tipe kulit berminyak atau kombinasi karena memiliki hasil akhir yang matte. 

  • ANESSA Perfect UV Gel: hybrid sunscreen dengan konsistensi gel dengan hasil akhir yang dewy and fresh. Dengan hasil dewy yang dimiliki ANESSA Perfect UV Gel, varian ini cocok banget untuk kulit kering karena mampu membersikan efek moist sehingga kulit tampak segar. 

  • ANESSA Perfect UV Spray: hybrid sunscreen dengan konsistensi cair yang dapat di-spray pada wajah, tubuh dan rambut dan cocok digunakan sebagai on-the-go protection karena praktis diaplikasikan 

  • ANESSA Perfect UV White: hybrid sunscreen dengan konsistensi gel serta mampu memberikan efek tone up pada kulit. Kulit menjadi cerah, lembap dan terlindungi dari sinar UV dengan maksimal di saat yang sama 

 

Meskipun tersedia dalam beberapa varian dan tekstur yang bisa kamu pilih, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui juga, nih! Seluruh varian ANESSA Beauty Sunscreen memiliki tekstur yang ringan di kulit sehingga nyaman digunakan sepanjang hari. Terlebih lagi, ANESSA juga memiliki sifat non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori, sehingga masalah kulit seperti jerawat dan komedo bisa kamu hindari. Keren banget, kan? 


Kamu bisa merasakan perlindungan kuat yang diberikan oleh ANESSA, dengan mendapatkannya melalui ANESSA Official Store di berbagai e-Commerce. Plus, jangan lupa juga agar follow laman Instagram ANESSA Indonesia untuk mengetahui berbagai info produk serta promo terbaru, ya!