04 June 2021

Cara Menggunakan Sunscreen Agar Proteksinya Long-Lasting

Sunscreen merupakan salah satu skincare yang penting digunakan untuk mengantisipasi risiko paparan radiasi sinar UV, namun dalam penggunaannya tidak jarang kita menemukan banyak kesalahan yang mungkin tidak disadari. Berikut penjelasan cara menggunakan sunscreen yang tepat agar kulit bisa mendapatkan proteksi optimal.

 

Beberapa Kesalahan Dalam Cara Menggunakan Sunscreen

Cara memakai sunscreen memang terlihat mudah dan simple, tetapi temuan dari AAD (American Academy of Dermatology) menyatakan kalau masih banyak dari kita yang melakukan kesalahan dalam penggunaannya. Kesalahan apa yang sering terjadi saat menggunakan sunscreen? Simak penjelasan di bawah ini:

  • Mengabaikan label pada kemasan

Yes, banyak sekali variasi pada sunscreen, oleh karena itu perlu sekali mengetahui kadar SPF dan PA dari sunscreen yang kamu pakai. Anessa sunscreen mengandung SPF 50+ dan PA++++, sehingga sangat cocok dipakai di negara tropis seperti Indonesia.

  • Apply terlalu sedikit sunscreen

Dalam memakai sunscreen tidak ada istilah less is more, karena untuk melindungi kulit dengan sempurna tentu cara menggunakan sunscreen juga harus tepat. 

  • Melewati area tubuh tertentu

Masih banyak orang yang menggunakan sunscreen hanya pada wajah dan tangan saja. Padahal, area tubuh lainnya seperti betis, punggung tangan dan kaki, serta tengkuk juga wajib diaplikasikan sunscreen untuk hindari paparan UV yang bahaya bagi kulit.

  • Hanya menggunakannya di hari yang cerah

Menurut penelitian AAD hanya sedikit orang yang apply sunscreen saat hujan atau berawan, padahal kita masih bisa terkena dampak buruk sinar UV, lho.

  • Hanya menggunakannya saat beraktivitas di luar ruangan

Tahukah, kamu? Selain mampu menembus awan, sinar UV juga mampu melewati jendela serta sela pintu, lho. Jadi menggunakan sunscreen meskipun berkegiatan di dalam ruangan atau di rumah saja tetap penting dilakukan.

 

Jangan lupa untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan sunscreen agar terdampak masalah kulit seperti, kulit kering dan kusam, skin aging, sun spot, dan bahkan risiko skin cancer.

 

Kapan Saja Sunscreen Harus Digunakan & Kenapa Perlu Re-Apply

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sunscreen tidak hanya digunakan pada saat hari yang cerah atau sinar matahari yang intense, tetapi juga saat hujan atau hari yang berawan. Hal ini disebabkan oleh sinar UVB yang memiliki kemampuan menembus awan, bahkan sampai ke dalam ruangan. Jadi, kamu yang tidak keluar rumah, karena sedang WFH (Work From Home) atau hal lainnya juga tetap perlu untuk menggunakan sunscreen. Hal ini perlu dilakukan, mengingat Indonesia adalah negara dengan UV index yang tergolong ekstrim.

 

Selain rajin menggunakan sunscreen tiap hari dengan kadar yang sesuai, cara menggunakan sunscreen yang tepat lainnya adalah melakukan re-apply. Re-apply perlu dilakukan agar kamu mendapatkan perlindungan yang maksimal dari paparan sinar UV. Sunscreen Anessa dari Shiseido memang dilengkapi dengan Triple Defense Technology yang melindungi lebih kuat saat terkena panas, keringat dan air, tapi agar kamu tetap mendapatkan perlindungan ekstra, beberapa kondisi memang mengharuskan kamu untuk tetap re-apply. Berikut adalah kondisi yang dimaksud:

  • Sweat Profusely, artinya kamu sedang melakukan kegiatan yang membuat berkeringat seperti berolahraga.
  • Swimming, setelah berenang dan berhanduk ada baiknya kamu re-apply sunscreen demi perlindungan yang maksimal.
  • Constantly outdoor, ketika kamu sedang seharian di luar ruangan dan terekspos matahari sangat dianjurkan untuk re-apply 2-4 jam sekali. Karena, sekali lagi, ekstrimnya UV index di negara tropis seperti Indonesia, re-apply sangat dianjurkan.

Selain urgensi yang tinggi di atas kamu juga perlu re-apply sunscreen saat berada di dalam ruangan, khususnya jika kamu berada di area yang dekat dengan jendela atau melakukan aktivitas ke luar ruangan. Jangan sampai perlindungan yang sudah kamu lakukan jadi kurang maksimal, karena tidak re-apply ya!

 

Urutan Penggunaan Sunscreen dengan Skincare

Hal ini tentu sering menjadi perdebatan, antara mana urutan yang benar sunscreen dulu atau skincare dulu? Perlu diketahui kalo sunscreen Anessa mengandung 50% skincare ingredients seperti Kyoto Uji Green Tea dan Yellow Flower Extract, sehingga bisa dijadikan primer makeup. Apalagi, Anessa sunscreen itu super lightweight dan cepat meresap di kulit. Jika diurutkan, maka begini cara penggunaan sunscreen dengan skincare:

  • 3 steps: cleanse, pelembab, kemudian sunscreen
  • 7 steps: cleanse, toner, serum, pelembab, sunscreen, alas bedak, makeup
  • 9 steps: cleanse, toner, essence, serum, eye serum/cream, pelembab/face oil, sunscreen, alas bedak, makeup

Namun, kabar baiknya, ANESSA Beauty Sunscreen tidak hanya berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari, namun memiliki fungsi lainnya bagi kulit, lho! Di antaranya adalah mampu bekerja sebagai primer yang dapat menyamarkan pori-pori wajah serta menghaluskan kulit dan memiliki kandungan skincare di dalamnya yang dapat melembapkan wajah dengan optimal. Sehingga, kamu bisa mempersingkat steps di atas dengan melewati bagian alas bedak dan pelembap.

 

Jika kamu ingin re-apply sunscreen di atas makeup, kamu bisa memilih salah satu dari kedua cara di bawah ini:

1. Menggunakan ANESSA Perfect UV Spray

Melakukan reapply sunscreen menggunakan varian spray dari ANESSA sangatlah praktis. Caranya:

  • Kocok kemasan ANESSA Perfect UV Spray
  • Semprotkan ANESSA Perfect UV Spray ke telapak tangan dan oleskan secara perlahan pada area wajah dan leher
  • Biarkan telapak tangan menempel erat pada kulit dan aplikasikan di setiap sudut
  • Jauhkan ANESSA Perfect UV Spray  10 hingga 15cm dari tubuh, dan semprotkan secara pada bagian lengan, kaki, bahu, punggung, rambut, dan anggota tubuh lainnya yang rentan terkena sinar matahari

 

2. Reapply dengan varian ANESSA Milk/Gel

Meskipun reapply menggunakan varian spray dinilai paling praktis, tapi kamu tetap bisa lakukan reapply menggunakan varian ANESSA lainnya, kok. Caranya:

  • Kocok kemasan sunscreen terlebih dahulu
  • Tuangkan sekitar 2 ruas jari sunscreen pada sponge lembut, lalu tepuk secara perlahan pada wajah
  • Jika kamu tidak memiliki sponge, ratakan sunscreen terlebih dahulu pada telapak tangan, dan aplikasikan dengan perlahan pada wajah
  • Ratakan hingga sunscreen menutupi seluruh area wajah

Setelahnya, tuangkan setiar 2 ruas jari pada telapak tangan dan aplikasikan pada leher dan tengkuk

 

 

 

Cara Kerja Anessa Sunscreen Tahan Lama Melindungi

Setelah mengetahui cara menggunakan sunscreen yang tepat dan mengaplikasikannya, kamu tentu saja bisa mendapatkan proteksi maksimal yang long-lasting! Dengan Anessa sunscreen yang dilengkapi oleh Triple Defense Technology, kamu bisa mendapatkan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan sunscreen lainnya, karena:

  • Thermo Booster Technology dapat melindungi dan bereaksi lebih kuat setelah terkena paparan sinar atau panas matahari.
  • Aqua Booster EX Technology dapat membantumu mendapatkan proteksi ekstra walaupun kulit terkena air dan keringat.
  • Super Waterproof yang bisa bertahan setelah 80 menit terendam air.

Tidak hanya itu, Anessa Sunscreen juga dilengkapi dengan rubbing resistance sehingga aman saat berhanduk dan juga saat tergesek pakaian. Kamu jadi aman dan nyaman saat beraktivitas sepanjang hari tanpa perlu khawatir terkena dampak buruk sinar UV.

 

Yup, itu dia cara menggunakan sunscreen yang tepat agar mendapatkan proteksi yang long-lasting, serta bagaimana cara Anessa sunscreen bisa tahan lama melindungi. Jangan lupa untuk apply Anessa beauty sunscreen setiap hari agar mendapatkan manfaat sunscreen yang maksimal pada saat berkegiatan di indoor ataupun outdoor ya. Jaga kulitmu agar tetap radiant sekarang dan di masa depan!