07 March 2022

Bagaimana Cara Mencerahkan Wajah dengan Sunscreen?

Saat mendengar kata "cara mencerahkan wajah", tentu orang-orang seringkali teringat dengan berbagai macam skincare seperti serum vitamin C, facial foam dengan kandungan alpha arbutin, dan lainnya. Namun tahukah kamu bahwa memiliki wajah yang cerah diawali dengan menggunakan sunscreen setiap hari?

Definisi Kulit Wajah yang Cerah

Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi “kulit wajah cerah” yang sebenarnya. Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa memiliki wajah cerah sama dengan kulit putih. Padahal, kedua kondisi ini sangatlah berbeda, lho. Kulit putih merupakan kondisi yang disebabkan oleh pigmen pemberi warna kulit pada tubuh seseorang di mana semakin sedikit pigmen yang dimiliki, maka semakin putih juga warna kulit yang muncul. 

Lalu, apa definisi kulit cerah sebenarnya? Saat ini kulit cerah diasosiasikan dengan kulit yang sehat dan bebas dari masalah kulit. Di antaranya adalah bebas dari sel kulit mati yang menumpuk, memiliki warna kulit yang merata, elastisitas yang terjaga, serta skin barrier yang kuat. Sebaliknya, kulit wajah yang tak sehat seringkali diasosiasikan dengan kulit yang kusam, tampak lelah, dan mengalami hiperpigmentasi (warna kulit yang tak merata). 


Kabar baiknya, kulit cerah yang sehat bisa dimiliki siapa pun, apa pun skin tone yang dimiliki! Cara yang paling utama adalah menggunakan sunscreen setiap hari untuk mencegah kulit kusam. Kok, bisa?

Sinar UV Penyebab Kulit Wajah Kusam 

Salah satu dampak sinar UV yang paling terkenal adalah efeknya yang dapat membuat kulit terbakar. Tidak hanya sebatas kulit yang kemerahan terbakar, sinar UV juga dapat membuat kulitmu terlihat kusam, lho! Hal ini disebabkan oleh paparan sinar UV yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Saat hal ini terjadi, proliferasi sel kulit terjadi yang mengakibatkan lapisan epidermis (lapisan terluar pada kulit) mengalami penebalan dan membuat sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, kulit menjadi kusam, kehilangan rona alaminya, dan terlihat lelah.

Bebas dari Masalah Kulit dengan Sunscreen

Selain membuat kulit wajah terlihat kusam, sinar UV juga memiliki dampak buruk lainnya bagi kulit yang perlu kamu perhatikan. Di antaranya adalah: 

  • Sunburn/kulit terbakar

Kulit terbakar merupakan salah satu dampak yang bisa langsung kamu rasakan akibat terpapar sinar UV tanpa perlindungan dari sunscreen. Saat hal ini terjadi, kulit akan menjadi kemerahan yang disertai dengan kering dan area kulit yang menjadi sensitif dan nyeri. 

  • Hiperpigmentasi

Terlalu lama terpapar sinar UV dapat menyebabkan produksi melanin (zat pemberi warna dalam tubuh) muncul secara berlebihan. Akibatnya, warna kulit menjadi tidak rata. Biasanya, hiperpigmentasi akibat sinar UV muncul di area wajah dan lengan. 

  • Kulit Kehilangan Elastisitas

Salah satu indikator kulit tampak awet muda adalah elastisitas dan kelembapannnya yang terjaga. Sayangnya, sinar UVA dan UVB dari matahari dapat merusak produksi kolagen dalam tubuh kita yang berperan memberikan kelembapan dan kekenyalan pada kulit. Akibatnya, elastisitas berkurang dan kulit menjadi kering. 

  • Penuaan Dini 

Tahukah kamu bahwa 80% faktor penuaan dini disebabkan oleh sinar UV? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sinar UV dapat membawa beragam dampak buruk bagi kulit, termasuk mengakibatkan photoaging atau penuaan dini. Ketika kulit tidak menggunakan sunscreen secara rutin, garis halus dan keriput akan lebih cepat muncul. 

  • Kanker Kulit 

Sinar UVA yang dipancarkan oleh matahari memiliki panjang gelombang yang dapat menembus hingga ke lapisan dalam kulit. Akibatnya, jika hal ini terjadi dalam jangka waktu panjang, sinar UVA dapat merusak susunan DNA kulit yang meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. 

Cara Mencerahkan Wajah dengan Sunscreen 

Setelah mengetahui berbagai dampak sinar UV pada kulit, kini saatnya mencegah dampak buruk tersebut dengan menggunakan sunscreen untuk mendapatkan wajah yang sehat dan cerah. Berikut lengkapnya: 

  • Menggunakan Sunscreen Setiap Hari 

Masih banyak orang yang mengira bahwa sunscreen hanya diperlukan ketika pergi ke pantai atau berenang. Padahal, menggunakan sunscreen di segala aktivitas mulai dari di rumah saja sampai berolahraga ataupun travelling tetaplah penting. Hal ini dikarenakan sinar UV yang tetap dapat menyinari kulit meskipun kamu beraktivitas di dalam ruangan. 

  • Membersihkan Wajah dengan Rutin 

Jangan lupakan double cleansing untuk mengangkat residu makeup dan debu yang menempel menggunakan makeup remover yang dilanjutkan dengan facial wash favorit kamu. 

  • Pilih Skincare dengan Kandungan Mencerahkan 

Kamu bisa memilih skincare yang memiliki kandungan untuk mencerahkan kulit seperti M-Tranexamic Acid, Niacinamide, atau Vitamin C. 

  • Penuhi Nutrisi dan Minum yang Cukup 

Tidak hanya dirawat dari luar, kulit yang sehat dan cerah juga perlu didukung dari makanan yang kita konsumsi. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan air putih dan mengonsumsi sayur-mayur serta buah-buahan kaya vitamin C dan antioksidan setiap harinya. 

  •  Manajemen Stres dengan Baik 

Pikiran stres juga bisa membuat kulit tampak kusam, lho. Untuk menghindarinya, pastikan kamu mengelola stres dengan baik dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti menjalani hobi, refreshing di akhir pekan, melakukan me time, dan lainnya. 

Ya, itu dia beberapa dampak buruk sinar UV serta cara mencerahkan wajah dengan sunscreen, yang diiringi dengan kebiasaan sehat lainnya.  Kabar baiknya, kamu bisa lho melindungi kulit dari sinar UV dan mencerahkan wajah di saat yang sama dengan ANESSA! Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

ANESSA Whitening UV Gel dengan Formula M-Tranexamic Acid & Glycyrrhizin Acid Salt 

Untuk kamu yang ingin melindungi kulit dari sinar UV dan mencerahkan wajah di saat yang sama, kamu bisa mengandalkan ANESSA Whitening UV Gel, nih! Produk ini merupakan hybrid sunscreen dengan SPF50+ dan PA++++ yang mengandung M-Tranexamic Acid dan Glycyrrhizin Salt bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam, mencerahkan dan melembapkan kulit, serta memperbaiki kulit dari kerusakan UV, serta melindungi kulit dari sinar UV dengan optimal.

 

Varian dari ANESSA ini memiliki tekstur gel dengan hasil akhir yang dewy, dengan kelebihan sebagai berikut: 

  • Memiliki Double Defense Technology yaitu Aqua Booster EX dan Super Waterproof untuk perlindungan UV yang lebih kuat, merata, dan tidak luntur oleh air dan keringat

  • Dapat digunakan sebagai primer makeup 

  • Mencerahkan wajah dengan pemakaian teratur setiap hari 

  • Bebas pewarna, non-comedogenic, dan dapat digunakan semua jenis kulit 

Jadi, bagaimana? Siap melindungi kulit dari sinar UV dan menjaganya agar tetap sehat dan cerah bersama ANESSA? Dapatkan ANESSA Whitening UV Gel melalui ANESSA Official Store untuk pengiriman ke seluruh Indonesia!