22 September 2020

8 Cara Tepat Aplikasikan Sunscreen untuk Perlindungan Maksimal!

“Walaupun aku sudah mengaplikasikan sunscreen dengan benar, kenapa  aku tetap mendapatkan suntan?” - Apakah kamu tahu, kalau kamu bisa terhindar dari suntan dengan mempelajari cara mengaplikasikan sunscreen dengan benar dan menggunakan jumlah yang sesuai? Ya, menggunakan sunscreen dengan cara pengaplikasian yang benar akan memaksimalkan efek sun protection!

 

Kami akan memberitahu kamu cara mengaplikasikan sunscreen dengan efektif dan mengingatkan  bagian yang cenderung kamu lewatkan.

 

1. Cara yang benar mengaplikasikan sunscreen

Walaupun aku sudah menggunakan sunscreen dengan benar, aku menyadari adanya tan line yang terlihat jelas pada tangan dan kaki…, Apakah kamu merasakan pengalaman yang serupa? Mari ketahui cara yang benar dalam mengaplikasikan sunscreen yang efektif, sehingga kamu bisa menikmati musim panas dengan kulit menawan di bawah matahari!

 

Aku tidak akan membuat kesalahan yang sama lagi! Enam poin untuk menghindari suntan yang tidak diinginkan:

POIN 1: Kocok dahulu sebelum menggunakan

POIN 2: Untuk wajah, aplikasikan sejumlah 20 mm diameter sunscreen, pakaikan di 5 titik (pipi, kening, hidung, dan dagu) dan haluskan

POIN 3: Retakan dengan menggunakan tangan

POIN 4: Setelah mengaplikasikan dengan rata di wajah, aplikasikan kembali layer lainnya

POIN 5: Untuk leher, aplikasikan sejumlah 23-24 mm diameter sunscreen, gunakan di beberapa titik dan lebarkan terlebih dahulu sebelum diratakan ke atas

POIN 6: untuk lengan dan kaki, aplikasikan secara langsung dari kemasan ke kulit dengan lurus dan ratakan pelan-pelan dengan gerakan melingkar

 

2. Cara aplikasi pada wajah dan leher

Setelah mengocok kemasan dengan baik, aplikasikan sejumlah 20 mm diameter sunscreen pada tangan dan letakan pada lima titik pada wajah (pipi, kening, hidung, dan dagu).

 

Oleskan dengan hati-hati sampai ke ujungnya. Gunakan seluruh jari untuk pengaplikasiaannya dan haluskan, gerakan tangan kamu sampai melebar. Setelah mengaplikasikan satu layer, aplikasikan lagi layer lainnya dengan menggunakan jumlah yang sama.

 

Untuk bagian pada leher, aplikasikan sejumlah 23 diameter sunscreen pada tangan, taruh di beberapa titik, dan oleskan perlahan sebelum menghaluskannya ke atas.

 

3. Cara aplikasi pada badan

Untuk bagian lengan dan kaki, aplikasikan sejumlah sunscreen langsung dari kemasan ke kulit secara linear. Kemudian, sesuaikan tangan kamu dan haluskan dengan gerakan melingkar yang besar. Perlu diingat kalau bagian pundak sampai ke dada adalah bagian yang sangat rentan akan suntan, jadi aplikasikan secara merata dan hati-hati. Kamu akan mendapatkan suntan dengan mudah jika layer sunscreen terlalu tipis, jadi aplikasikan dengan bebas dan merata dalam satu garis lurus, dibandingkan mengaplikasikan layer tambahan dalam lingkaran-lingkaran kecil. 

 

4. Kamu cenderung melupakan bagian ini!

 

Pada bagian wajah, kamu cenderung lupa untuk mengaplikasikan sunscreen pada garis rambut, telinga, samping lubang hidung, di antara alis, kelopak mata, garis wajah, serta belakang leher. Dan yang tidak terduga adalah bagian bibir kamu.

 

[Struktur kulit pada bibir]

  • Mengandung sedikit pigmen melanin dan tidak memiliki sebum
  • Tidak memiliki kelenjar keringat
  • Memiliki stratum corneum yang tipis

 

Dikarenakan lapisan kulit yang tipis dibanding bagian lainnya, bibir menjadi lemah terkena stimulus eksternal. Bibir rentan menjadi kering dan kasar, punya sedikit sekali melanocytes dan sangat tidak terlindungi dari sinar ultraviolet. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi bibir dari sinar UV atau dryness seperti yang terjadi pada kulit.

 

 

Area yang biasa kamu lupakan untuk aplikasi sunscreen pada badan adalah belakang tangan, kaki bagian atas, lutut, bagian belakang lutut, dan bagian samping badan.

 

Kamu cenderung melupakan aplikasi pada kaki bagian atas. Hati-hati untuk tidak membiarkan kaki indahmu memiliki garis suntan yang diakibatkan sandal. 

 

5. Tips mempertahankan efek sunscreen

 

Mungkin kamu ingin berkata, “Ini sempurna, karena aku mengaplikasikan jumlah sunscreen yang tepat dengan sempurna!” tetapi malahan kamu harus mengaplikasikan kembali dengan benar, itu jauh dari sempurna.

  • Ketika kamu berkeringat atau mengelap keringat dengan handuk setelah berjam-jam berenang, aplikasikan kembali sunscreen sebagaimana yang dibutuhkan.
  • Kami merekomendasikan kamu untuk melakukan aplikasi kembali setiap dua sampai tiga jam untuk memaksimalkan efek dari sunscreen..

 

6. Apakah aku sudah mengaplikasikan dengan benar? Ketahui cara yang salah dalam mengaplikasikan sunscreen

Efek dari sunscreen tidak akan maksimal jika cara penggunaan kamu tidak tepat, walaupun kamu menggunakan sunscreen dengan perlindungan UV yang kuat sekalipun. Ketahui cara yang salah dalam mengaplikasikan sunscreen dan ubah kebiasaan buruk kamu dalam penggunaan sebelum semuanya terlambat.

 

  • Wajah dan Leher

Banyak orang mengaplikasikan sunscreen dengan tipis, karena banyak pengguna tidak menginginkan wajahnya lengket atau membuat makeup mereka luntur. Meskipun begitu, area-area yang mudah terpapar sinar matahari (pipi, hidung, leher dan belakang dagu) cenderung terkena pantulan panas sinar matahari adalah area-area yang memerlukan perhatian lebih. Jika kamu tidak melindunginya dari sinar UV, keriput dan titik hitam akan muncul, jadi lindungilah area-area itu dengan ketat menggunakan sunscreen.

 

Untuk bagian wajah, setelah mengaplikasikan secara merata pada layer pertama, aplikasikan layer tambahan pada area yang rentan pada suntan, seperti pipi dan juga hidung, untuk menambah efek dari perlindungan UV.

 

  • Badan

Ketika kamu mengaplikasikan sunscreen pada area yang lebar, seperti lengan dan kaki atau punggung, kuncinya adalah mengaplikasikan sunscreen langsung ke tangan dan haluskan secara merata di atasnya dengan gerakan melingkar yang besar.

 

7. Kapan waktu terbaik untuk menggunakan sunscreen?

Jika kamu menggunakan sunscreen dengan benar, penggunaan itu akan menghasilkan efek yang langsung terlihat. Jadi tidak masalah jika kamu pakai tepat sebelum bepergian. Memakai sunscreen dengan benar adalah hal yang penting. Bawa sunscreen saat bepergian dan aplikasikan kembali setia dua/tiga jam sekali untuk memaksimalkan efek dari sunscreen

 

8. Bagaimana cara menggunakan sunscreen setelah menggunakan makeup

Ketika kamu memakai makeup untuk wajah, maka akan susah untuk mengaplikasikan sunscreen kembali. Jika kamu menggunakan milk atau cream pada makeup wajah seperti seharusnya, itu akan membuat foundation jadi berminyak. Yang perlu kamu lakukan adalah hilangkan sebum yang berlebih pada wajah dengan menggunakan tisu dan gunakan spray-type sunscreen. Kamu bisa mengaplikasikan sunscreen kembali tanpa membuat makeup berminyak. Setelah menghaluskannya dengan ringan menggunakan telapak tangan, gunakan bedak di atasnya.

 

Pelajari cara yang tepat dalam menggunakan sunscreen dan kadar yang sesuai pada musim panas ini! Jika kamu bisa melakukannya, kamu bisa yakin kalau kulitmu cantik di bawah sinar matahari.